Tanah Datar Authentic Minangkabau Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020

tanah datar
Masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020
Batusangkar, SuhaNews – Tanah Datar Authentic Minangkabau menjadi brand atau identitas pariwisata daerah Luhak Nan Tuo untuk bisa lebih dikenal masyarakat dan wisatawan dalam ataupun luar negeri.

“Brand ini mendapat apresiasi dan masuk menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia kategori Brand Pariwisata Terpopuler tahun 2020,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Abdul Hakim.

Anugerah Pesona Indonesia (API), jelas Abdul Hakim, merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Majalah Ayo Jalan Jalan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI.

“API merupakan langkah upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia serta untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri swasta maupun pemerintah,” katanya.

Pemenang dalam kegiatan ini, tambah Abdul Hakim, ditentukan dengan sistem pemungutan suara (voting) dengan cara ketik API (spasi) 4A kirim SMS ke nomor 99386 atau kunjungi channel APIaward di Youtube.com, Akun Instagram @apiaward. Caranya, pilih gambar nominasi dan klik tombol like. voting dimulai tanggal 1 Agustus s/d 31 Desember 2020.

“Kami harapkan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar, baik yang berada di kampung halaman maupun perantauan agar Branding Pariwisata Tanah Datar Authentic Minangkabau terpilih sebagai Destinasi Terfavorit,” harap Abdul Hakim.

tanah datar
Abdul Hakim dan Efrison

Lebih lanjut Abdul Hakim mengungkapkan, ada 6 item yang masuk nominasi API 2020 yaitu: Ampiang Dadiah sebagai makanan Tradisonal dari Kota Bukittinggi, Authentic Minangkabau sebagai Branding dari Tanah Datar, Tenun Silungkang sebagai sebagai Destinasi belanja dari Sawahlunto, Panjat Tebing Silokek sebagai Olahraga Petualang dari Sijunjung, Kampung Sarugo sebagai Destinasi Kampung Adat Dari 50 Kota, Janjang Saribu sebagai Destinasi wisata Unik dari Bukittinggi.

Sementara Itu, Kabid Pariwisata Efrison, Mengatakan API yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2016 telah menjadi ajang apresiasi bergengsi dan terbesar di Indonesia.

“Tanah Datar dalam Anugerah API telah mampu mengukir prestasi, diantaranya, tahun 2018 Pacu Jawi sebagai Atraksi Budaya Terpopuler kedua. Tahun 2019 Kawa Daun Minuman Tradisional terpopuler kedua, Pasar Van der Capellen sebagai Destinasi Digital terpopuler ke 3,” papar  Efrison.

Arti dan makna Tagline Authentic Minangkabau ini, jelas Efrison, menggambarkan bahwa Tanah Datar merupakan asal muasal orang Minagkabau. Negeri tertua yang merupakan asal orang Minangkabau terdapat di Tanah Datar tepatnya di Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan.

Bentuk logo, tambahnya, mengambil atap Istano Basa Pagaruyung yang merupakan kebanggaan Masyarakat Minangkabau yang berdiri dengan megah. Bangunan ini menjadi saksi bahwa Tanah Datar merupakan pusat sejarah dan budaya Minangkabau.

”Setiap warna yang ditampilkan juga mempunyai arti dan makna tersendiri,” kata Efrison.

Warna  oranye melambangkan kekayaan budaya serta warisan sejarah, Hijau melambangkan keindahan alam yang mempesona,  Magenta Melambangkan jiwa, pertualangan dan keunikan kegiatan olahraga, warna  Ungu melambangkan cita rasa panca indra seperti makanan, minuman dan juga hiburan dan warna  biru melambangkan pembangunan fisik yang modern/ kekinian dengan adanya pusat pertokoan, teknologi dan juga transportasi.

Reporter: Dajim                Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...