Tanah Datar Fokus Tingkatkan Kompetensi Guru di 2025, Dorong Guru Jadi Kepala Sekolah

Batusangkar, SuhaNews – Tanah Datar Fokus Tingkatkan Kompetensi Guru di 2025. Sebanyak 180 praktisi pendidikan yang terdiri dari Pengawas, Kepala Sekolah, Pengajar Praktek, Guru Penggerak, dan Calon Guru Penggerak berkumpul di SMKN 2 Batusangkar, Sabtu (27/7).

Dalam rangka Temu Pendidik Nusantara XI. Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, Januar Pemri ST, MT.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, Inhendri Abbas Dt. Tanbasa, menekankan pentingnya berbagi praktik baik dalam kepemimpinan murid dan guru. Kadisdikbud berharap praktik-praktik tersebut dapat dibagikan kepada banyak orang untuk memotivasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Datar.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Guru Belajar Nusantara yang telah menyelenggarakan Temu Pendidik yang kesebelas ini,” ujar Kadisdikbud Inhendri Abbas Dt Tanbasa Basa.

Kadisdikbud Tanah Datar ini juga mengapresiasi komunitas belajar Nusantara yang tergabung di PMM (Program Merdeka Mengajar) dan mendorong untuk terus melakukan kegiatan demi memajukan pendidikan, mengingat masih banyak komunitas yang vakum dalam mengembangkan pendidik.

Inhendri Abbas Dt Rajo Tan Basa menekankan bahwa komunitas merupakan motor penggerak dalam memajukan pendidikan. Bagi yang terus berkarya, akan terus didukung.

Tanah Datar

Pada tahun 2025, fokus utama program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar adalah meningkatkan kompetensi guru. Empat kompetensi guru—pedagogi, sosial, kepribadian, dan profesional—harus melekat dan menjadi satu kesatuan dalam diri guru untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Kadisdikbud juga menyebutkan bahwa dengan lahirnya Permen Nomor 40 Tahun 2022, guru memiliki tiket untuk menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah, yang akan memacu kompetensi yang dimiliki guru sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2024. (Andra)

BACA JUGA  Penyuluh Agama Pencetus Program "PANAS" Kota Bukittinggi menunju Gelanggang PAI Award Nasional 2024

Baca Juga : Pelatihan Narasumber Berbagi Praktik Baik Dorong Kemajuan Kurikulum Merdeka di Sumatera Barat

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -