Tanggap Ancaman narkoba, Payakumbuh Raih Penghargaan Nasional dan BNNP Sumbar

Payakumbuh, SuhaNews — Di awal tahun 2024 ini, Pemko Payakumbuh menerima dua penghargaan sekaligus dari BNNP Sumbar (Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatra Barat).

Penghargaan didapatkan atas keberhasilan Payakumbuh dalam Pelaksanaan Program Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) Tahun 2023 dengan predikat “Sangat Tanggap” dengan indeks 3,44. Indeks ini tertinggi di Sumatra Barat. Penghargaan kedua yakni atas partisipasi dan dukungan dalam Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Baca juga: Awal Tahun Polres Solok Ungkap 2 Kasus Narkoba, Diantaranya Wanita Muda

“BNNK Payakumbuh selama tahun 2023 berhasil menyelesaikan hasil kinerja sebanyak 13 item yang diantaranya, memperoleh hasil indeks ketahanan keluarga (DEKTARA), memperoleh hasil indeks ketahanan diri remaja (DEKTARI) dan memperoleh hasil indeks kemandirian partisipasi (IKP),” ujar Kepala BNNK (Badan Narkotika Nasional Kota) Payakumbuh M. Febrian Jufril.

BNNK Payakumbuh bersama Kesbang-Pol Kota Payakumbuh, tambah M. Febrian Jufril, telah membentuk tim terpadu P4GN yang untuk memperkuat koordinasi pelaksanaan program P4GN serta merumuskan rencana aksi daerah.

“Semoga kerjasama dengan Kesbang-Pol itu akan mampu membuat program P4GN berjalan tepat sasaran, sehingga mampu memitigasi dan mengatasi permasalahan narkotika di kota Payakumbuh,” harap M. Febrian Jufril.

Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman mengatakan bahwa hal ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan kerja bersama seluruh jajaran perangkat daerah serta stakeholder dalam memperkuat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Kita jangan sampai lengah dalam menghadapi ancaman narkoba sebab ancaman itu tidak menutup kemungkinan ada di sekitar kita,” ujar Jasman.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemko Payakumbuh dalam pencegahan bahaya narkoba, tambaha Jasman, seperti sosialisasi dan penyuluhan hingga komitmen bersama dalam mewujudkan wilayah bersih dari narkoba.

BACA JUGA  Kadiskominfo Sumbar: Animo Masyarakat Agam untuk Vaksinasi Tinggi

“Program kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar) merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam P4GN. Kelurahan Bersinar tidak hanya semata menyampaikan sosialisasi saja, akan tetapi pemberdayaan masyarakat juga dilakukan dengan mempertimbangkan potensi sosial ekonomi di wilayah tersebut,” jelas Jasman.

Pemko Payakumbuh meraih penghargaan peringkat pertama di Sumbar, papar Jasman, sekaligus meraih peringkat ketiga di tingkat nasional dalam keberhasilan pelaksanaan program KOTAN tahun 2023.

“Semua ketua RT, RW, tokoh masyarakat dan warga di lingkungan masing-masing agar ikut peduli dan tanggap apabila menemukan warganya yang dicurigai terpapar narkoba,” imbah Jasman.

Para orang tua, tabah Jasmas, agar mengingatkan jika terdapat anak-anak atau remaja yang berperilaku mencurigakan, jarang di rumah, para orang tua sudah sepatutnya mewaspadai jika menemukan hal demikian.

“Deteksi sedini mungkin apabila orang-orang di sekitar kita ada yang mungkin terpapar penyalahgunaan narkoba sehingga bisa segera ditangani,” tukasnya.

Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Polres Payakumbuh atas peran serta dalam membina, mencegah, dan menindak langsung penyalahgunaan narkotika di kota Payakumbuh.

“Tanpa peran serta dari pihak kepolisian ini tidak akan bisa kita (Pemko Payakumbuh) meraih penghargaan ini, indeks tertinggi di Sumbar dan tertinggi ketiga di nasional,” tutup Jasman semangat.

Sementara itu, kepala BNNP Sumbar Tri Julianto Djatiutomo yang hadir langsung untuk menyerahkan penghargaan untuk Pemko Payakumbuh ini ucapkan selamat dan sampaikan apresiasinya atas jadi lung telah dicapai Pemko Payakumbuh dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika.

“Semoga ditahun 2024 Pemko Payakumbuh bisa meraih capaian terbaik lagi sehingga bisa mendapat raihan terbaik dan tertinggi di tingkat nasional,” ucap kepala BNNP Sumbar tersebut.

Lebih lanjut, banyak hal yang disampaikan kepala BNNP Sumbar itu, termasuk juga Tri mengatakan bahwa dirinya baru pertama kalo datang ke kota Payakumbuh, dan saya sangat merasakan suasana yang adem, sejuk dan nyaman di kota Payakumbuh ini,” ungkap orang nomor satu di BNNP Sumbar tersebut.

BACA JUGA  Warga Simpang Rumbio Ditangkap Miliki Narkoba di Gauang Kab. Solok

Pada kesempatan ini, Pj. Wali Kota Payakumbuh secara simbolis menerima kedua penghargaan dari BNNP Sumbar yang turut didampingi semua unsur Forkopimda serta kepala OPD, Camat, Lurah serta tokoh masyarakat kota Payakumbuh. Humas/Wewe

Baca juga: Sutan Riska Ajak Generasi Millenial Jauhi Narkoba 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -