Terima 39 CPNS, Tanah Datar Sediakan 1 Formasi Penyandang Disabilitas

Terima 39 CPNS, Tanah Datar Sediakan 1 Formasi Penyandang Disabilitas
Batusangkar, SuhaNews. Tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar membuka kesempatan untuk 39 orang putra putri terbaik diangkat menjadi CPNS dengan alokasi satu orang untuk formasi khusus penyandang disabilitas dan 38 orang lainnya adalah formasi umum.

Ini menjadi kabar gembira bagi putra putri terbaik yang ingin mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang dikenal juga dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala BKPSDM Tanah Datar Jasrinaldi didampingi Kabid Pengadaan, Pensiun dan Informasi Yuri Yasmin, Rabu (30/6/2021) di Pagaruyuang menjelaskan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Tanah Datar tahun 2021 itu, sesuai dengan pengumuman yang ditandatangani Bupati Eka Putra, nomor 800/576/BKPSDM-2021 tanggal 30 Juni 2021.

“Pendaftaran dimulai pada 30 Juni sampai dengan 21 Juli 2021 dimana pengumuman hasil seleksi administrasi pada 28-29 Juli 2021 esok,” jelasnya.

Dikatakan, seleksi akan dilakukan dalam tiga tahap, meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dengan bobot 40 persen, dan seleksi kompetensi bidang menggunakan Computer Assist Test (CAT) dengan bobot 60 persen.

“Seleksi administrasi dilaksanakan dengan melakukan verifikasi secara online terhadap dokumen yang telah diunggah oleh pelamar, dan pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan melalui akun masing-masing peserta dan website Kabupaten Tanah Datar,” terang Jasrinaldi

 

Sedangkan proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), pelamar yang mengikuti ujian adalah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Prosesnya dilaksanakan menggunakan CAT, dan kelulusan didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Seleksi Kompetensi Bidang dilaksanakan setelah pelamar dinyatakan telah memenuhi nilai ambang batas/Passing Grade Seleksi Kompetensi Dasar,” jelasnya.

BACA JUGA  Kapolres Padang Panjang Datangi Batipuh Selatan

Adapun setiap Warga Negara Indonesia yang berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar, dapat mengikuti proses seleksi ini, namun ada pesyaratan umum dan khusus lainnya yang juga harus dipenuhi.

“Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta,” terang Jasrinaldi.

Ditambahkan Yuri Yasmin, adapun ketentuan umum lainnya adalah tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

Kemudian, memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan; dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) dari perguruan tinggi dan/atau program studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Negeri (BAN-PT) dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.

“Semua syarat, ketentuan, jadwal dan prosedur kita umumkan melalui media cetak terbitan Sumbar dan di website Pemkab Tanah Datar pada www.tanahdatar.go.id, silahkan cek di situ, tukas Yuri. (dajim)

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaTanda Tangan Elektronik, Solusi Jitu di Masa Pandemi di Kota Padang
Artikel berikutnyaSuper Air Jet Segera Mengudara, Maskapai Baru Tanah Air Usung Konsep Milenial