Terima Murid Silek, Sasaran Jorong Batu Palano Bantai Ayam

silek
SuhaNews – Jorong Batu Palano, Selayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok mengdakan bantai ayam dalam rangka menerima murid silek di sasaran Jorong Batu Palano, Sabtu (23/10).
“Kegiatan bantai ayam ini diadakan di halaman Masjid Jihad Parak Gadang Jorong Batu Palano, Selayo,” ujar Guru silat Angku Piri

silek

Bantai ayam diikuti seluruh murid baru sasaran silek Jorong Batu palano Pebagai sebagai salah satu sarat menjelang belajar silat. Selain ayam murid baru sasaran silek Jorong Batu Palano juga membawa persyaratan lainnya seperti kain putih, kaca, sisir, pisau dan sirihsirih jo pinang.

Guru silat Angku Piri menjelaskan bahwa kegiatan bantai ayam dan serah Terima ini merupakan kegiatan yang mempunyai filosofi tinggi dalam dunia silat kumango.

Angku Piri menjelasakan bahwa menyerahkan persyaratan ini merupakan penyerahan diri untuk siap dibina, belajar silat bukan untuk bertengkar namun untuk lebih bisa mengendalikan diri.

“Sebelum bisa sabar maka seorang murid belum akan bisa menguasai silat, ” ujar Angku Piri

Penyerahan kaca bermaknakan seorang murid silek harus bisa bercermin membaca diri, penyerahan sisir bermaknakan kita harus membersihkan diri sedangkan siriah jo pinang melambangkan budaya.

Okta Mulyadi selaku kepala Jorong Batu Palano, Nagari Salayo kepada SuhaNews mengucapkan terimakasih banyak kepada Masayarakat Jorong Batu Palano yang telah antusias mengikuti serangkaian kegiatan penyerahan murid di sasaran Jorong Batu Palano mulai dari pembantaian hingga memasaknya untuk di makan bersama dengan para guru.

Berita terkait:

Facebook Comments

BACA JUGA  76 unit Sepeda Motor BB Laka dan Pelanggaran Menumpuk di Satlantas Polres Tanah Datar
loading...
Artikel sebelumyaKemenag Pasaman Tegaskan Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Pelayanan
Artikel berikutnyaAutobiografi Hargianto “Stokar Oplet Jadi Komandan Kapal Perang” Dilaunching