Tim Penilaian Lomba Forikan Sumbar Nilai Forikan Kabupaten Solok

Arosuka, SuhaNews – Tim Penilaian Lomba Forikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat nilai Forikan Kabupaten Solok, Senin, 15 Agustus 2022 di Balairung Rumah Dinas Bupati Solok di Arosuka.

Tim Penilai yang dipimpin oleh Candra Gumilarti disambut oleh Bupati Solok diwakili Asisten II  Drs. Syahrial, MM., Ketua Forikan Kab. Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, – Jajaran Dinas Perikanan dan Pangan Prov. Sumatera Barat, Sekretaris TP-PKK Retni Humaira, Kepala Dinas Kominfo Teta Midra, SSTP, M.Si., Kepala DPNM Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si., Sekretaris Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Akmal Badri, S.Pt, M.Si., dan – Pengurus Forikan Kabupaten Solok.

Baca juga: Masuk 8 Besar, Forikan Kota Solok Dinilai Tim Penilai Provinsi Sumbar

Ketua Forikan Kab. Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda mengatakan bahwa Forum peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) merupakan sebuah upaya dalam mendukung menyukseskan gerakan masyarakat makan ikan (Gemar Ikan) yang telah menjadi program nasional untuk peningkatan konsumsi Ikan di Indonesia.

“Forikan Kab. Solok telah berdiri sejak 2 Mei 2011 dan telah dikukuhkan kembali oleh Surat Keputusan Bupati Solok pada tanggal 5 Agustus 2021,” ujar Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Untuk mendukung program kerja Forikan di Kabupaten Solok, jelas Ny. Emiko telah dilakukan kerjasama bersama beberapa OPD. Forikan Kabupaten solok juga telah melakukan sosialisasi gemar ikan di Sekolah Dasar dan PAUD di14 kecamatan yang ada.

“Forikan Kabupaten Solok melalui Dinas Perikanan dan Pangan telah memberikan bantuan hasil olahan perikanan berupa olahan ikan Tuna dan Ikan Bilih sebanyak 2160 bungkus untuk 10 Nagari,” tambah Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Forikan juga telah melakukan pembinaan bagi kelompok milenial budi daya ikan dalam pembuatan margot untuk menekan biaya produksi dan budidaya ikan.

BACA JUGA  Disambut Semarak, 249 Siswa Baru MAN 1 Solok PK IKuti Matsama

Ketua Tim Penila Lomba Forikan Sumatera Barat Candra Gumilarti menyampaikan rasa syukurnya karena Kabupaten Solok masuk nominasi Lomba Forikan Tingkat Provinsi Sumbar.

“Lomba Forikan ini bertujuan memberikan motivasi untuk meningkatkan kreativitas dalam menggalakkan sosialisasi manfaat konsumsi ikan,”jelas Candra Gumilarti.

Sementara Asisten II  Syahrial mengatakan bahwa dengan adanya penilaian ini diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi untuk konsumsi ikan di Kabupaten Solok.

“Kita berharap dapat memacu peningkatan program-program Forikan Kabupaten Solok,” harap Syahrial.

Usai temu ramah, tim penilai lomba Forikan Prov. Sumbar lakukan tinjauan lapangan ke Kantor Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok. (Wewe)

Baca juga: Kabupaten Agam Daerah Pertama Dinilai Tim Lomba Forikan Sumbar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -