Timnas Indonesia U-20 Cukur Fiji 4-0 di Stadion Gelora Bung Karno

SuhaNews – Timnas Indonesia U-20 mencukur Fiji 4-0 di laga uji coba, Jumat (17/02/2023) malam WIB di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Empat gol Timnas Indonesia U-20 dilesakkan oleh Arkhan FikriKakang RudiantoResa Aditya, dan Hokky Caraka. Satu gol tercipta di babak pertama, tiga gol lainnya diceploskan pada babak kedua,

Baca juga: Piala AFF 2022: Tekuk Filipina, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal

Pertandingan uji coba ini berlangsung sangat keras. Wasit mengeluarkan empat kartu merah. Tiga kartu merah untuk pemain Fiji dan satu kartu merah untuk pemain Timnas Indonesia U-20 yaki untuk Hokky yang mendapatkan kartu merah usai mencetak gol terakhir.

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-20 coba untuk menekan sejak menit pertama. Namun Fiji tak mau kalah dan mereka bermain cukup afresif.

Duel pun berlangsung alot meski kedua tim berusaha saling serang. Duel berlangsung dalam tempo cukup tinggi dan berjalan dengan keras. Benturan antar pemain kerap terjadi.

Menit ke-14 akhirnya ada peluang emas yang tercipta. Dari skema set piece, pemain Fiji bisa menanduk bola di tengah kotak penalti, usai mendapat umpan free kick dari sayap kanan. Bola mengarah tepat ke gawang namun bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Daffa.

Skuad Garuda Muda kemudian terus coba menekan balik Fiji. Namun mereka kerap kesulitan menembus pertahanan sang lawan. Alhasil sesekali mereka mengambil opsi tendangan dari luar kotak penalti, seperti yang dilakukan Arkhan Fikri pada menit ke-24. Namun bola tembakannya masih melambung dari target.

Menit ke-35 kebuntuan akhirnya terpecahkan. Timnas Indonesia U-20 sukses menjebol gawang Fiji. Gol ini berawal dari lolosnya Ginanjar dari flank kiri, ia menggiring bola sampai masuk ke kotak penalti dan kemudian memberikan umpan tarik pada Arkhan Fikri yang masuk dari second line. Tanpa mengontrol, ia langsung melepas tembakan first time dan bola bersarang ke sisi kiri gawang lawan. GOL! 1-0!.

BACA JUGA  Bertandang ke Stade de France, Ukraina Dihantam Prancis 1-7

Menit ke-44 peluang diciptakan oleh Merah Putih lagi. Donny Tri memotong masuk dari kiri ke tengah kotak penalti dan melepas tembakan mendatar. Namun bola masih bisa diblok kiper.

Baca juga: Piala AFF 2022: Timnas Indonesia vs Thailand Sore Ini

Menit 45+1, peluang didapat Ginanjar Wahyu. Di tiang jauh, ia menanduk bola hasil umpan silang dari sisi kanan. Namun bola masih melebar ke sisi kanan gawang Fiji.

Laga kemudian berakhir. Timnas Indonesia U-20 1-0 Fiji.

Babak Kedua

Timnas Indonesia U-20 kemudian membuka laga babak kedua dengan berusaha bermain lebih agresif lagi. Di sisi lain Fiji tak lagi terlalu berani bermain terbuka usai kebobolan.

Usaha Merah Putih akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-50. Resa Aditya melepas tembakan keras dari luar kotak penalti dan bola membentur mistar gawang. Kiper Fiji berusaha menghalau second ball namun Kakang Rudianto dengan cepat menyambar bola dengan kepalanya lebih dahulu dan itu membuahkan gol kedua Indonesia. 2-0!

Menit ke-55, Thomas Arthur mendapat kartu kuning keduanya di laga tersebut. Sebab ia menginjak kaki salah satu pemain Indonesia. Mereka pun harus bermain dengan 10 pemain saja.

Keunggulan pemain ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh skuad Merah Putih. Resa Aditya menjebol gawang Fiji dengan tendangan dari dalam kotak penalti. Ia memaksimalkan umpan tarik dari Dzaki Asraf dari sisi kanan. 3-0!

Menit ke-70 Fiji terpaksa bermain dengan sembilan pemain. Pasalnya kapten mereka yakni Melvin mendapat kartu kuning kedua. Ia melakukan pelanggaran keras dan akhirnya harus mandi lebih cepat.

Menit ke-74 pemain yang baru masuk ke lapangan yakni Brandon Schneumann hampir saja mencetak gol. Ia mendapat peluang melepas tembakan dari dalam kotak penalti. Namun bola masih melambung dari target.

BACA JUGA  Tragedi Kanjuruhan, Kemenag Imbau Umat Islam Gelar Salat Gaib untuk Korban

Timnas Indonesia U-20 pun akhirnya bisa menguasai pertandingan. Mereka terus menekan pertahanan Fiji. Merah Putih pun bisa menambah gol pada meit ke-86. Hokky Carakka menanduk bola silang dari sisi kanan. 4-0!

Situasi sempat memanas pada menit ke-89. Dalam situasi perebutan bola, pemain nomor 13 Pawan Sing melakukan pelanggaran keras dan memukul salah satu pemain Indonesia. Ini memancing emosi Hokky Caraka dan mereka terlibat adu fisik. Pada akhirnya kedua pemain sama-sama terkena kartu merah.

Tak lama kemudian laga ini berakhir. Timnas Indonesia U-20 sukses mempecundangi Fiji dengan skor 4-0.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-20: Daffa Fasya; Dony Tri, Kakang Rudianto, Marcell Januar, Sultan Zaky, Zanadin Faris, Achmad Maulana, Arkhan Fikri, Ginanjar Wahyu, Dzaki Asraf, Rabbani Tasnim.

Pelatih: Shin Tae-yon

Timnas Fiji: Aydin Ashaz Mustahib; Peter Ravitisai, Sailas Ratu, Sterling Maikeli Mociu Vasconcellos, Abdullah Bin Aiyas, Clarence Len-lesy Suhayl Hussain, Nabil Mohammed Begg, Thomas Arthur Josua Dunn, Gulam Razool, Melvin Mansheek Mani.

Pelatih: Rodolfo Antonio Zapata

Baca juga: Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Cukur Brunei Darussalam 7-0

Sumber: bola.net

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -