Tingkatkan Kompetensi Guru, MTsN 3 Solok Gelar Lokakarya

Tingkatkan Kompetensi Guru, MTsN 3 Solok Gelar Lokakarya
Alahan Panjang, SuhaNews. Untuk meningkatkan kompetensi guru madrasah dilingkungan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTsN 3 Solok (MTsN Alahan Panjang), madrasah ini menggekatr lokakarya, Selasa (24/11).
Acara yang diikuti oleh 55 peserta yang terdiri guru MTsN 3 Solok, MTsS Simpang Tanjung Nan IV, MTsS Nurul Ilmu Salimpat, dan MTsS PP M. Natsir ini, dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag kab. Solok H. Alizar.

Kepala MTsN 3 Solok, Kamsuir M.Pd.I dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi.

“Dengan banyaknya keterbatasan dan aturan yang mengikat selama pandemi, dibutuhkan inovsi dan kreasi guru agar siswa tetap dapat semangat belajar. Untuk itulah loka karya ini diselenggarakan,” ujar Kamsuir.

Menutup laporannya Kamsuir menyamoaikan selain guru di MTsN 3 Solok, guru di KKm juga diikut sertakan, baik yang PNS maupun honorer.

Sementara itu, kepala Kantor Kemenag Kab. Solok yang membuka kegiatan ini menyampaikan, sesuai dengan tema lokakarya, seorang guru harus memiliki 4 kompetensi yaitu profesional, paedagogik, kepribadian dan kompetensi sosial.

“Guru harus memiliki kemampuan keilmuan yang memadai. Karena perkembangan sekarang yang bersifat dinamis, maka seorang guru dituntut untuk bersifat aktif, dinamis dan profesional. Apalagi selama masa pandemi, karena terjadi perubahan yang sangat signifikan, seorang guru harus meningkatkan kompetensi dan melakukan inovasi-inovasi dengan terus membaca, belajar dan mengamati atau long life education (pendidikan seumur hidup),” sebut H. Alizar.

Tingkatkan Kompetensi Guru, MTsN 3 Solok Gelar Lokakarya

H. Alizar juga menegaskan, bahwa sebagai pendidik dan pengajar, maka seorang guru harus mampu menjadi sosok yang digugu dan ditiru oleh siswanya.

Dalam pembukaan ini, Kakankemenag Kab. Solok juga didampingi oleh Kasi Penmad, kasi Bimas Islam, Kepala MAN 3 Solok dan Kepala MTsS yang menjadi KKM MTsN 3 Solok.

reporter : Usnidar editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...