Tingkatkan SDM Pelaku Wisata. Dinas Pariwisata Pessel Gelar Pelatihan

SDM
Pesisir Selatan, SuhaNeews – Dalam rangka peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) pelaku wisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan melakukan berbagai macam jenis pelatihan. 

“SDM berkualitas menjadi salah satu kunci untuk menuju keberhasilan . ke depan akan kita satukan dalam agenda yang cukup panjang dengan penawaran-penawaran paket wisata,” ujar Sekretaris  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Yunelti di Painan.

Baca juga: Studi Tiru ke Desa Wisata Terbaik ADWI 2022, Eka Putra Ingin Impelementasikan di Tanah Datar

Pelatihan ini, jelas Yunelti, akan terbentuk satu forum besar untuk tata kelola kepariwisataan. Semua bisa bersinergi secara khusus dalam rangka berkolaborasi antar komponen dan pelaku pariwisata yang pada akhirnya tidak ada destinasi yang lolos dari paket-paket wisata yang akan ditawarkan.

Kabid Pariwisata Wildan mengingatkan kegiatan pelatihan ini salah satunya untuk meningkatkan kompetensi bidang pariwisata dalam konsep kepariwisataan yang berkelanjutan.

“Dengan kegiatan pelatihan ini para Pokdarwis mampu membuat kemasan baru dan inovasi baru yang dikemas dalam bentuk paket wisata yang bisa dijual kewisatawan sehingga menambah keunikan suatu kawasan,” ujar Wildan.

Baca juga: Genius Umar: Kebersihan Lokasi Wisata Tanggung Jawab Bersama

Ditambahkannya potensi pariwisata Pessel cukup besar,jika dipadukan dengan seni pertunjukan. Akan semakin bagus jika dikemas dengan baik dan profesional. Tentunya akan memberi kesan tersendiri.

Oleh karena itu pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata. Dan masyarakat adalah salah satu unsur penting yang harus dilibatkan bersama sama dengan pemerintah dan kalangan usaha/swasta untuk bersinergis melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan,” ujarnya

Dukungan dari masyarakat dapat di perolehan melalui penanaman  kesadaran masyarakat akan arti penting pengembangan kepariwisataan .

BACA JUGA  Hujan di Sertai Angin Sejumlah Pohon Tumbang di Lubuk Basuang

Untuk itu dibutuhkan pelatihan peningkatan dan pengembangan gerakan Sadar Wisata ini dengan tujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan ,khususnya penerapan unsur Sapta Pesona (aman,tertib,bersih,sejuk,indah,ramah dan kenangan.

(El/Wewe)

Baca juga: Eka Putra Promosikan Wisata Tanah Datar Diatas Ferry Bakauheni – Merak

SDM SDM SDM SDM SDM 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak35 Guru TPQ Padang Ikuti Sosialisasi dan FGD di Kantor Kemenag
Artikulli tjetërMCP 2021 Tertinggi di Sumbar, Wali Kota Erman Safar Terima Penghargaan Dari KPK