TMMN/D2023, Kemenag Kab. Solok Gelar Pelatihan Imam/Khatib di Tanjung Alai

Koto Baru, SuhaNews – Ikut menyukseskan kegaiatan Tentara Manunggal Membangun Nagari /Desa ( TMMN/D ) tahun 2023 di Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, Kantor Kemenag menggelar pelatihan Imam dan Khatib serta penyelenggaraan jenazah.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu 17 September 2023 ini didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Solok bertempat di SDN 08 Tanjung Alai yang diikuti oleh pengurus Masjid dan Musala se nagari Tanjung Alai.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk sinergi antara Kementerian Agama dengan TNI dalam membentuk masyarakat yang beriman dan bertaqwa melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Nagari / Desa (TMMD) di Kabupaten Solok khususnya nagari Tanjung Alai.

“Prajurit TNI bersama masyarakat telah melakukan pembangunan fisik di nagari Tanjung Alai mulai dari jalan hingga temat ibadah, maka Kementerian Agama dengan dukungan Badan Amil Zakat Nasional membangunan keimanan masyarakatnya melalui pelatihan Imam dan Khatib serta penyelenggaraan ibadah bagi masyarakatnya yang diwakili oleh pengurus MAsjid dan Musala,” sampai H. Zulkifli.

H. Zulkifli berharap, pelatihan singkat akan memberi dampak posisitf dengan bertambahnya ilmu para Imam dan Khatib serta tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam penyelenggaraan jenazah kedepannya.

Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag menyampaikan problematika dakwah yang terjadi ditengah masyarakt yang menyebabkan rapuhnya akidah dan terjadinya degradasi moral.

Disampaikan juga, setelah pelatihan para peserta dan masyarakat tetap bisa menambah dan memperdalam ilmunya dengan berdiskusi dengan Penyuluh Agama Kecamatan serta Kantor Urusan Agama kecamatan X Koto Singkarak, agar ilmu yang didapat bisa diterapkan dengan maksimal.

“Ada tiga problema besar dalam dakwah yaitu rapuhnya akidah, lemahnya dalam beribadah serta runtuhnya moral atau akhlaq tidak bagi generasi milenial tapi juga bagi orang sudah berusia senja maka kegiatani ini diharapkan dapat menjadi penggerak bagai masyarakat dalam menegakan syiar Islam melalui makmurnya masjid dan mushalla” pungkas H. Zulkifli.

BACA JUGA  Excavator Robohkan Masjid Bersejarah Itu

Kegiatan ini diiisi oleh lima narasumber yakni, H.Zulkifli Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok dengan materi Problematika Dakwah. Kemudian Zulfatmai, S.Ag Kasi Bimas Islam dengan  materi Panduan Praktis Khatib/Imam dan Penguatan Keluarga Sakinah.

Selanjutnya H. Syahrul Wirda Ketua Majlis Pertimbangan Badan Kesejahteran Masjid Kabupaten Solok dengan materi Fiqih Praktis Penyelenggaraan Jenazah. Serta H. Edwar , S.Pd, MM Ketua BAZNAS Kabupaten Solok dengan materi tentang Sosialiasi tentang Zakat dan Wakaf dan H Elyunus dari Baznas Kabupaten Solok dengan materi tentang Peran Ulama dalam Mengatasi masalah Keumatan. tmmn tmmn tmmn

Selain para narasumber tersebut diatas, dalam kegiatan ini jugadi dihadiri oleh pejabat dari Kodim 0309 Solok selaku paniti TMMN/D 2023 di nagari Tanjung Alai. Fendi

Berita terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -