TSR Sumbar Dorong Nagari Koto Baru Tingkatkan Produktivitas Pertanian

sumbar
Solok SuhaNews – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hansastri diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Nizam Ul Muluk pimpin Tim Safari Ramadhan (TSR) XIII ke Masjid Syariatul Ikhlas Bukit Kili, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Kamis (14/4/2022).

TSR Provinsi Sumbar menyerahkan secara simbolis bantuan sebesar Rp50 juta kepada pengurus masjid dan kegiatan ditutup dengan pengajian dari ustad Sofwan Diran.

Baca juga: Safari Ramadan ke Batu Taba, Bupati Agam Sampaikan Prioritas Pembangunan

“Kegiatan safari Ramadhan ini untuk meningkatkan silaturahmi antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan masyarakat Kabupaten Solok. Selain itu juga sebagai langkah membangun ukhuwah Islamiyah di bulan Ramadhan,” ujar Nizam Ul Muluk.

Nizam juga menyampaikan program-program pembangunan yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi di Kabupaten Solok, khususnya terkait misi ketiga RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Provinsi Sumbar, yaitu meningkatkan nilai dan produktivitas pertanian, perkebunan, perternakan dan perikanan.

Pemprov Sumbar jelas Nizam menganggarkan daba sebesar Rp680 miliar untuk sektor pertanian dalam rancangan APBD tahun 2022. Nilai tersebut merupakan 10 persen dari total Rp6,8 triliun APBD Sumbar 2020.

“Anggaran Rp680 miliar tersebut dibagi  ke lima bidang, yaitu pertanian (termasuk irigasi), peternakan, kelautan, kehutanan dan pangan,” jelas Nizam Ul Muluk. 

“Anggaran diperuntukkan khusus untuk pertanian ini belum pernah terjadi sebelumnya, oleh sebab itu kelompok tani yang sudah berbadan hukum, langsung mengajukan proposal bantuan ke provinsi,” ujarnya.

“Wali Nagari, mohon diarahkan kelompok tani ini, untuk membuat  proposal sebanyak-banyaknya. Buatlah proposal pengajuan alat pertanian, jaringan irigasi, mesin tani, dan perbaikan jalan usaha tani,” jelasnya kepada Wali Nagari Koto Baru.

BACA JUGA  Kwarcab Kota Solok Serahkan Hasil Donasi kepada Duta Besar Palestina

Terakhir Nizam juga menyinggung tentang menciptakan tenaga kerja yang bekerja di industri kecil dan menengah sebanyak 25 ribu orang setiap tahunnya, serta enterprenur atau wirausaha sebanyak  20 ribu orang setiap tahun.

“Untuk itu dalam mewujudkan ini perlu adanya persiapan, dengan mengajukan proposal terkait dengan daftar kebutuhan yang ada. Silakan ajukan, sekarang terbuka kesempatan seluas-luasnya,” jelasnya.

Wali Nagari Koto Baru, Afrizal, mengucapkan terima kasih atas kunjungan TSR Provinsi Sumatera Barat ke Nagari Koto Baru, ia berharap dengan kedatangan TSR XIII dapat memberikan berbagai kebijakan pembangunan termasuk pembangunan infrastruktur jalan. (*)

Baca juga: Walikota Hendri Septa Harapkan Dampak Jangka Panjang Pesantren Ramadan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWakil Bupati Sijunjung Undang Ninik Mamak Berbuka Puasa
Artikulli tjetërPelajari UNESCO Global Geopark, Sijunjung Kerjasama dengan Sukabumi