Universitas Pertamina Luncurkan Beasiswa Senilai 2,5 M Untuk Siswa/i Pilihan

Universitas Pertamina Luncurkan Beasiswa Senilai 2,5 M Untuk Siswa/i Pilihan
SuhaNews – Universitas Pertamina menyediakan beasiswa senilai Rp2,5 Miliyar terdiri atas  Beasiswa Future Leader, Beasiswa Karakter Unggul, dan Beasiswa Generasi Juara. 

Tahun lalu, lebih dari separuh lulusan SMA/sederajat tak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dari 3,7 juta lulusan SMA/sederajat, sejumlah 1,9 juta pelajar tak meneruskan ke bangku kuliah. Kebanyakan akibat terbentur kendala biaya.

Demikian disampaikan Deputi Menteri Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kemenko PMK Prof. Dr. R Agus Sartono.

Beasiswa prestasi menjadi jalan keluar bagi siswa siswi meraih mimpi. Ambil contoh Samuel Purba.

“Saya nyaris mengubur impian melanjutkan pendidikan karena keterbatasan biaya. Tapi guru saya menyarankan untuk mencoba peluang beasiswa yang diberikan Universitas Pertamina. Alhasil saya dapat menyelesaikan pendidikan, kemudian berkarir sebagai sebagai Demand Planning Analyst di PT. Swift Logistics Solution,” ujar Samuel.

Alumni program studi Teknik Logistik angkatan 2016 tersebut, menuturkan beasiswa dari Universitas Pertamina tidak hanya membantu secara ekonomi.

Lebih dari itu, melalui beasiswa prestasi Samuel dapat meningkatkan kemampuan akademik dan soft skill. Sehingga mengantarkannya meraih beragam penghargaan di sejumlah ajang kompetisi nasional hingga internasional.

Salah satunya Best Oral Presentation in International Conference on Industrial Engineering and Application, yang digelar di Tokyo, Jepang.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. IGN Wiratmaja menyebut beasiswa Universitas Pertamina didesain untuk menyiapkan mahasiswa/i menghadapi tantangan riil.

“Selama berkuliah, mahasiswa/i didorong untuk aktif berpartisipasi dalam ajang perlombaan, proyek penelitian, maupun magang di industri,” ujar Prof. IGN Wiratmaja.

Bagi putra/putri terbaik Indonesia yang memiliki prestasi gemilang dapat mengikuti keberhasilan Samuel melalui sejumlah program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Pertamina, yang terdiri dari:

1. Beasiswa Future Leader
Beasiswa ini dibuka untuk siswa-siswi lulusan SMA/sederajat yang aktif berorganisasi dan pernah menjadi Ketua OSIS, Wakil Ketua OSIS, Ketua Pelaksana, Sekretaris ataupun Bendahara suatu kegiatan baik di tingkat sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, atau Nasional.

BACA JUGA  Pertamina Foundation Luncurkan Beasiswa Reguler, Afirmasi dan Vokasi Tahun 2021

Beasiswa ini memberi 100% pembebasan biaya sumbangan pengembangan institusi (SPI) dan sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) selama 8 semester, serta bimbingan leadership. Dengan nilai total beasiswa sejumlah Rp. 317.600.000,-.

2. Beasiswa Karakter Unggul
Beasiswa ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SMA/sederajat yang berasal dari sekolah asrama (boarding), sekolah taruna pesantren atau berasrama, maupun sekolah afiliasi. Mereka yang lolos seleksi akan menerima 100% pembebasan biaya SPI dan SPP selama 8 semester, plus fasilitas asrama. Secara keseluruhan, nilai total beasiswa sejumlah Rp. 317.600.000,-.

3. Beasiswa Generasi Juara
Beasiswa ini diperuntukan bagi siswa-siswi lulusan SMA/sederajat yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik baik di tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional dalam bidang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama maupun kompetisi mandiri lainnya.

Terdapat empat jenis tipe yang ditawarkan dalam beasiswa ini, diantaranya pembebasan SPI senilai 100% hingga pembebasan biaya SPI dan SPP sebesar 100% selama 8 semester. Penerima beasiswa juga mendapatkan uang saku serta pembebasan biaya wisuda dan asuransi. Mereka juga mendapat kesempatan tinggal di asrama. Beasiswa ini dianggarkan senilai 1,9 milar rupiah.

Syarat pendaftaran dan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa dapat diakses melalui https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBus AKAP Lebih Dikenal ‘Julukan’ Ketimbang Plat Nomor
Artikulli tjetërHendri Septa Apresiasi Pupuk Lidah Sipiah Produksi Jahe Merah