UPZ BAZNAS Nagari Sulit Air Salurkan Zakat pada Mustahiq

UPZ BAZNAS Nagari Sulit Air Salurkan Zakat pada Mustahiq
Sulit Air, SuhaNews. Sebanyak 40 orang mustahiq di nagari Sulit Air menerima zakat yang disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) nagari Sulit Air. Penyerahan dilakukan di gedung sebaguna nagari, Jumat (27/3).

Ketua UPZ nagari Sulit Air Fajrul Mubarak mengatakan untuk tahap ini ada 40 mustahiq yang menerima zakat, dengan nominal masing-masing tiga ratus ribu rupiah. Mustahiq ini terdiri fakir miskin sebanyak 28 orang berasal dari jorong yang ada di nagari Sulit Air, kemudian 3 orang siswa dari 4 sekolah.

Dijelaskan oleh Fajrul, bahwa UPZ nagari Sulit Air menghimpun zakat dari masyarakat dan perantau ana yang terkumpul pada periode ini sebanyak Rp. 12.000.000,- ini merupakan pemberian perdana UpZ pada tahun ini, di rencanakan pembagian zakat ini dilakukan tiap bulan.

Wali nagari Sulit Air yang diwakili oleh Sekna Meri Aswita menympaikan bahwa penaluran zakat adalah satu cara membantu masyarakat yang dikoordinir oleh amil zakat, dalam hal ini UPZ.

“Ada dua hal yang terkandung dalam penyaluran zakat ini, pertama nilai syariat dan kedua nilai ekonomi,” sebut Meri.

Dijelaskannya nilai syariat adalah memenuhi rukun Islam yakni membayarkan zakat bagi hartanya yang telah mencapai nisab, kemudian menyerahkan kepada yang berhak menerima. Sedangkan nilai ekonomi adalah saling membantu dari berkecukupan kepada yang membutuhkan.

Meri berharap semakin banyak masyarakat dan perantau yang menyalurkan zakatnya melalui UPZ sehingga makin banyak pula masyarakat Sulit Air yang terbantu, baik untuk biaya pendidikan maupun untuk fakir miskin.

Usai sambutan Meri secara simbolis menyerahkan zakat kepada mustahiq yang dilanjutkan oleh Ketua UPZ dan pengurus lain.

reporter : Hendrik editor : Moentjak

BACA JUGA  Peduli Almamater, Alumni PSA Serahkan Kostum Olahraga

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPakai Paspor Palsu, Ronaldinho Mendekam di Bui 6 bulan
Artikel berikutnyaTerinfeksi Covid-19, Staf DPRD Dirujuk ke RSU Ahmad Muchtar