Usai Upacara HAB Kemenag 74, Walikota Bukittinggi Serahkan Satya Lancana

Usai Upacara HAB Kemenag 74, Walikota Bukittinggi Serahkan Satya Lancana
Penerima Satya Lancana foto bersama dengan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Ka. Kan. Kemenag h. Abrar Munanda usai upacara peringatan HAB 74.
Bukittinggi, SuhaNews. Kemenag Kota Bukittinggi menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-74 bertempat di Lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bukittinggi, Jumat 03 Desember 2020.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias. Upacara tersebut juga dihadiri Forkopimda Bukittinggi, Persatuan Pensiunan kementerian Agama (PPKA) Kota Bukittinggi, Pejabat dilingkungan Kemenag dan ASN di lingkungan Kemenag Kota Bukittinggi, sejumlah tamu undangan lainnya serta perwakilan siswa.

Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias membacakan sambutan Menteri Agama, Fachrul Razi yang berpesan enam hal untuk seluruh jajaran Kemenag. Pertama, pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi dalam konteks relasi agama dan negara. Kedua, Jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.

Ketiga, tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan. Keempat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyerahkan Satya Lancana

Kelima, rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama, sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa, walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan. Terakhir, implementasikan bisi dan misi pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja.

Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias melanjutkan, Hari Amal Bhakti juga merefleksikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

Sementara itu di sisi lain Kepala Kementerian Agama kota Bukittinggi H. Abrar Munanda menyampaikan. “Alhamdulillh hari ini Kementerian Agama RI telah memasuki usia yang tidak muda lagi yaitu dengan usia 74 tahun. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan peringatan Hari Amal Bakti ini. Terkait dengan peranan Kementerian Agama dalam membina generasi melinial, kita memasuki semua lini sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Satu sisi kita masuk di dunia pendidikan melalui Madrasah-Madrasah dan Perguruan Tinggi di samping proses belajar mengajar disana ada pembinaan khusus keagamaan,” tuturnya.

BACA JUGA  Longsor di Padang Ganting, 1 Korban Meninggal Dunia

Selanjutnya Kata H. Abrar munanda di luar dunia pendidikan tersebut, Kementerian Agama Kota Bukittinggi memberikan pembinaan-pembinaan melalui BKPRMI dan melibatkan mereka dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Terutama untuk menyikapi kondisi-kondisi yang aktual perkembangan IT dan demikian pesatnya wabah-wabah penyakit masyarakat serta berbagai penyimpangan-penyimpangan.

“Untuk tahun 2020 ini sesuai program Direktif Kementerian Agama insya Allah kita sudah membangun kerjasama dengan berbagai pihak khususnya pemerintah Kota yang telah banyak menfasilitasi terutama kesiapan bekerjasama dengan berbagai pihak dan SKPD untuk bersama-sama melakukan kegiatan-kegiatan dalam memberikan pembinaan terhadap generasi melinial. Dengan Kesbangpol kita juga melakukan kegiatan deradikalisasi terhadap generasi melenial melalui pembinaan-pembinaan dalam rangka mengatisipasi paham-paham radikal dengan melibatkan Tokoh Agama dan Penyuluh Agama,” Katanya lagi.

Selain Upacara HAB Kemenag, acara hari itu juga diisi dengan penyematan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada ASN Kementerian Agaang Kota Bukittinggi oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Forkopimda.

reporter : Yal  editor : SuhaNews.

Facebook Comments

loading...