Virtual, Menteri Agama Launching MTQ Nasional ke 28

Virtual, Menteri Agama Launching MTQ Nasional ke 28
SuhaNews. Sumatera Barat dipercaya sebagai tuan rumh Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 28.Menteria Agama Fachrul Razi melakukan launching virtual dari dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI dari Jakarta, Selasa (28/7).
Launching virtual ini diikuti oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta Wakil Nasrul Abit, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri dan Jajaran serta LPTQ Sumbar mengikuti dari Hotel Grand Inna Muara Padang.

Selain itu, para Gubernur se Indonesia dan pihak terkait lainnya juga mengikuti seremonial virtual ini dari daerah masing-masing.

Saalah satu yang mencuat dalam launching virtual  ini adalah falsafah Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah yang ada di setiap insan Ranah Minang menjadi amunisi efektif dalam membangkitkan girah dalam membumikan Alquran di seluruh penjuru nusantara.

Hal inilah yang mendasari semangat dan totalitas seluruh elemen yang ada di Sumatera Barat termasuk Kanwil Kemenag Sumbar dalam mempersiapkan diri menjadi Tuan Rumah ajang bergengsi tingkat nasional, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 Tahun 2020.

Kerja keras panitia dan seluruh pihak terkait berbuah manis dengan dilaunchingnya MTQ Nasional oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Jend (Purn) Fachrul Razi (28/7) secara virtual dari Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Sebelum melaunching, Menag menyapa Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, seluruh Kepala Forkopimda Sumbar dan Kakanwil Kemenag Sumbar dan jajaran yang hadir secara tatap muka di Ballroom Hotel Grand Ina Muara Padang. Tak lupa, Menteri sapa Gubernur dan Wakil Gubernur selaku Ketua LPTQ, Ketua DPRD Provinsi serta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama seluruh Indonesia yang menyaksikan acara tersebut secara virtual melalui Zoom Meeting.

Menag yang didampingi Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamarudin Amin dan Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Tarmizi Tohor menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Sumatera Barat dan jajaran serta seluruh masyarakat Sumatera Barat yang telah bersedia menjadi tuan rumah yang antusias mempersiapkan diri melaksanakan iven akbar tersebut.

BACA JUGA  Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Bukittinggi Networking Pilotting Pusaka Sakinah

Ia menjelaskan acara launching tersebut sebagai bentuk publikasi kesiapan Sumbar kepada masyarakat dalam melaksanakan ajang akbar itu pada tanggal 12 hingga 21 November mendatang meski dalam kondisi yang tidak biasa.

Menag berharap pelaksanaan MTQ ini tidak hanya dijadikan ajang kontestasi semata namun harus dimaknai sebagai upaya untuk menstimulasi umat agar lebih mencintai, mempelajari dan mendalami Alquran serta berpedoman pada ajaran yang terkandung didalamnya.

Harapan Menag bukan tidak berdasar mengingat indeks literasi umat islam dalam hal baca tulis Alquran masih sangat rendah menurut penelitian Institut Ilmu Alquran, 65% dari total umat islam di Indonesia masih buta aksara Alquran.

Ia yakin dan percaya pandemi Covid-19 bukan menjadi penghalang untuk produktif dan proaktif melaksanakan dan menjalankan berbagai kegiatan positif, termasuk MTQ. MTQ merupakan satu dari sekian banyak model syiar islam yang harus terus dibina, dikembangkan dan dilestarikan. MTQ penting artinya karena diharapkan bisa menjadi katalisator perubahan masyarakat jadi lebih baik dan akan mengokohkan moralitas bangsa.

Demi kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan MTQ, Menag pesankan beberapa hal berikut. Pertama, komitmen penuh seluruh pihak dalam penerapan protocol kesehatan disema lini. Kedua, persiapan fisik dan non fisik seperti persiapan kafilah, dewan hakim dan lainnya harus sesuai dengan kondisi dan aturan terkini.

Tiga, anggaran dari APBN/APBD atau pihak ketiga harus transparan agar tidak menimbulkan kesulitan dalam pertanggungjawaban. Keempat, setiap daerah berlomba dengan kemampuan sendiri tanpa mendatangkan peserta dari luar daerah untuk meraih kejayaan.

sumber : Sumbar.Kemenag.go.id

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPenyelundup Ganja Kecelakaan, Polisi Temukan BB 11 Kg
Artikel berikutnyaPengurus Terbentuk, Polsek Kubung Bina Pokdar Kamtibmas