Wabup Iraddatillah Buka Seminar Kebangsaan MUI Sijunjung

seminar
Sjjunjung, SuhaNews – Wabup Sijunjung, Iradatillah membuka seminar Kebangsaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sijunjung, Kamis, 24 November 2022 di Balairung Lansek Manih Muaro Sijunjung.

Kegiatan yang mengangkat tema “Revitalisasi peran ulama dalam menjaga aqidah umat di Ranah Minang”, ini menghadirkan narasumber Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) H. Bachtiar Nasir, Lc.MM dan Ketua MUI Provinsi Sumbar Dr. H. Gusrizal Gazahar, Lc. M.Ag.

Baca juga: Seminar Universitas Paramadina, Indonesia Bukti Kuat Islam Selaras Dengan Demokrasi

“Semoga para narasumber nyaman selama berada di Sijunjung serta dapat menikmati potensi yang ada di Sijunjung seperti Geopark Silokek dan Perkampungan Adat,” ujar Wakil Bupati Sijunjung, Iradatillah.

Tema yang diusung MUI Sijunjung ini sangatlah tepat, jelas Iradatillah, karena sudah tingginya kerisauan dan kegelisahan kita terhadap aqidah umat beragama.

“Maksimalkan peran dan fungsinya di tengah-tengah arus perubahan zaman menyiratkan kehidupan yang hedonis dan materialistis,” ungakap Iradatillah.

Dulu saja, keterbukaan informasi publik belum seperti sekarang, berat kita menjaga aqidah umat, apalagi sekarang dunia ini tampa batas, pengaruh datang dari mana saja sehingga sesuatu yang salah pun bisa di anggap sebuah kebaikan dan sebuah kebaikan belum tentu dinilai baik.

Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang luar biasa terhadap perkembangan kita dan akan bermuara terhadap kuatnya silaturrahim antara Ulama, Baligh dan Buya di Sijunjung yang terbentuk dalam sebuah kekuatan dibawah wadah MUI.

Peran ulamanya hendaknya diperluas, ulama tidak saja berdiri di garis terdepan dalam mengokohkan sendi-sendi moral, etika dan spritual kehidupan berbangsa dan bernegara. Lebih dari itu ulama, juga diharapkan mampu menyerahkan dan mencerdaskan umat dengan ajaran nilai-nilai Islam.

BACA JUGA  105 Lokasi Gelar Salat Idul Adha di Tanah Datar

Kepada narasumber kami berpesan agar dapat memberikan materi dalam rangka mencerdaskan serta membuka pola pikir yang tentunya akan memperkuat peran ulama di Sijunjung ranah lansek manih yang kita cintai ini,”pesannya.

Ketua MUI Kabupaten Sijunjung Buya H. Syukri Rahmat, Lc.MA mengatakan, kegiatan seminar kebangsaan itu diikuti peserta terdiri dari semua pengurus MUI Kecamatan se Kabupaten Sijunjung dan dewan pengurus MUI.

Pada kesempan ini, Gusrizal Gazahar akan bercerita tentang keulamaan masa dulu, peran ulama masa dulu yang pernah berperan di tengah-tengah masyarakat, Bangsa dan Negara,”jelas Ketua MUI Syukri Rahmat.

Kemudian Bachtiar Nasir memaparkan tentang bagaimana ulama saat ini dan bagaimana tantangan yang akan dihadapi ulama kedepan.  (Noven/Wewe)

Baca juga: MUI Agam Gelar Bimtek Fasilitator Bimbingan Perkawinan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakDinas Pendidikan Gelar Kegiatan Penyusunan ARKAS Berdasarkan Profil Pendidikan
Artikulli tjetërIkuti Rakor GPR TV, Kominfo Kab Solok Nominator Anugrah Media Humas 2022