Wabup Tanah Datar Apresiasi Sanggar Seni Lereng Marapi

Wabup Tanah Datar Apresiasi Sanggar Seni Lereng Marapi
SuhaNews – Dalam rangka mendukung Program Unggulan Kabupaten Tanah Datar “ Satu Nagari Satu Iven”, nagari Pasie Laweh kecamatan Sungai Tarab melaksanakan Pentas Seni dan Pengukuhan Pengurus Sanggar Lereng Marapi yang diresmikan secara lansung oleh Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian didampingi istri Ny. Patty Richi Aprian, Jumat (21/1) malam di Lapangan Balai Selasa .

Dalam sambutan Wakil Bupati Richi Aprian menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap panitia dan dukungan masyarakat Nagari Pasie Laweh atas terlaksananya pengukuhan dan Pagelaran Seni Oleh Sanggar Lereng Marapi.

“Pagelaran seni ini yang digagas generasi muda Nagari Pasie Laweh ini sebagai bentuk perhatian mereka terhadap pelestarian budaya dan kesenian, tentunya ini patut diapresiasi, dan menjadi contoh bagi generasi muda di nagari lainnya,” kata Richi

Wabup tambahkan, kegiatan ini merupakan tindakan positif generasi muda sehingga terhindar dari tindakan negatif, seperti terjerat Narkoba dan penyakit masyarakat lainnya khususnya generasi muda Pasie laweh.

Selain itu kata Wabup, kegiatan yang dilaksanakan ini juga sebagai wujud dari niniak mamak, tokoh masyarakat dan generasi muda nagari Pasia Laweh dalam mendukung program unggulan pemda Tanah Datar yaitu satu nagari satu iven, dimana akan membangkitkan kembali cinta dengan budaya daerah.

“Insya Allah, Pemerintah Daerah siap mendukung pelaksanaan kegiatan positif seperti ini, sehingga menjadi agenda rutin tahunan dan menggerakan perekonomian masyarakat dengan adanya kunjungan wisatawan lokal bahkan nasional ke daerah,” katanya.

Sementara itu Wali Nagari Pasie Laweh Zul Arfin Dt. Parpatiah sampaikan, terbentuknya kembali sanggar seni Lereng Merapi tidak lain karena dukungan dari masyarakat , terlebih untuk mengembangkan bakat generasi muda terutama terhadap budaya lokal diantaranya, silek, randai, tari dan pasambahan adat.

BACA JUGA  Pasien Positif Covid-19 Kabupaten Solok Meninggal, Petugas Lakukan Tracing

Zul Arfin katakan, dengan aktifnya kembali sangga Lereng Merapi akan menggerakkan kembali perekonomian masyarakat dan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah khususnya Kementerian Sosial RI yang telah membantu sarana prasana sanggar sebesar Rp 50 juta melalui kegiatan peningkatan budaya kearifan lokal.

Hal senada juga disampaikan Ketua Kerapatan Adat Nagari Pasie Laweh Suwirman Dt. Rajo Kumayan, kami niniak mamak nagri pasie laweh mendukung kegiatan yang di laksanakan generasi muda sebagai wadah penyaluran bakat seni dalam rangka melestarikan budaya agar terhindar dari kegiatan negatif.

“Kami mendukung dengan di aktifkan kembali sanggar Lereng Marapi, sebagai hiburan bagi masyarakat Pasie Laweh, terimakasih atas dukungan dari pemerintah daerah bahkan pusat’, pungkasnya.Rel

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMembanggakan, Erviera “Nak Pisang Rang Layo” Finalis Putri Indonesia 2022
Artikulli tjetërPersonil Polres Solok Kota Terima Vaksin Booster