Wakil Bupati Sijunjung Buka Musrenbang RKPD Kecamatan IV Nagari

Sijunjung, SuhaNews – Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatilllah buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, Senin, 6 Februari 2023 di UDKP Kantor Camat IV Nagari. 

Musrenbang Pembangun Daerah pada tahun 2024 ini mengusung tema “Pemerataan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di segala bidang melalui reformasi struktural.

Baca juga: Hadiri Musrenbang RKP 2023 Nagari Rao-Rao, Ini Pesan Wabup Richi Aprian

Wakil Bupati, Iraddatillah menyebut kan bahwa Musrenbang RKPD itu merupakan salah satu kegiatan strategis bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan sebagai wadah merumuskan dan menetapkan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan pada tahun 2024.

“Musrenbang ini diharapkan bisa menjawab permasalahan pembangunan daerah yang terjadi saat ini agar terwujudnya visi RPJMD tahun 2021-2026 Kabupaten Sijunjung sejahtera, unggul dan berbudaya menuju masyarakat Madani,” ujar Iraddatilllah.

Hal ini, jelas Iraddatilllah, telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang RPJMD tahun 2021-2026.

Indeks pembangunan manusia di Kabupaten Sijunjung, jelas Iraddatilllah, meningkat pada 2022 lalu 68,69%. sedangkan pada tahun 2021 lalu 67,86%. Walaupun naik 1,21 poin, pertumbuhan IPM Sijunjung pada tahun 2022 termasuk kategori tiga besar di Sumatera Barat.

“Angka kemiskinan di tahun 2022 mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 6.80% tahun 2021 menjadi 6.00% pada tahun 2022,” jelas Wabup Iraddatilllah.

bupatiSementara Camat IV Nagari, Ayu Boni Dwi Fita menjelaskan bahwa pada msurenbang ini dimaksudkan untuk membahas dan menyepakati daftar usulan rencana Kegiatan pembangunan (du-rkp) nagari yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan IV Nagari.

Selain itu membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di Wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam daftar usulan rencana kerja Pemerintah (du-rkp) nagari.

Musrenbang kecamatan ini diikuti oleh 100 orang peserta, yang terdiri dari OPD terkait dan tim delegasi nagari. (Nov/Wewe)

BACA JUGA  Wakil Bupati Sijunjung Kunjungi Masjid Akbar Nagari Aie Angek
Baca juga: Bupati Sijunjung Buka Musrenbang Kecamatan Kamang Baru

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -