Wakil Bupati Solok Hadiri Alek Nagari Taruang-Taruang

Penyambutan Wakil Bupati Solok
Solok, SuhaNews – Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin hadiri alek Nagari Taruang-Taruang, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok,  Minggu (15/3/2020).

Wakil Bupati Solok hadir bersama Kabag Kesra Setda Ahpi Gusta Tusri, Camat X Koto Sei. Lasi diwakili oleh Febrina Hastuti, Wali Nagari Taruang-Taruang Rushimal Ulya, Ketua TP PKK Nagari Taruang-Taruang Erli Pasmiwarna, Tokoh masyarakat Desra Ediwan Anantanur dan Hardinalis, Niniak Mamak, tokoh adat dan bundo kanduang.

“Alek nagari ini merupakan budaya yang perlu dipertahankan,” ujar Yulfadri Nurdin.

Menurut Ketua Panitia Yur Hendri Dt. Tejo, alek nagari ini digelar dalam rangka syukuran masyarakat atas terpilihnya wali nagari Tarung-Taruang, sekaligus mempererat silaturrahim masyarakat dalam membangun nagari ini.

Nagari Taruang-Taruang, jelas Yur Hendri Dt. Tejo, saat sedang membangun balai-balai adat. Diharapkan dengan adanya balai-balai adat ini, maka adat istiadat akan semakin baik di nagari ini, sehingga ke depan adat dan budaya yang ada di nagari bisa dipertahankan.

Walinagari Tarung-taruang, Rushimal Ulya menjelaskan bahwa saat ini jumlah penduduk 2437 jiwa. Mereka tersebar di empat  jorong. Sebagian besar bekerja sebagai petani.

“Pemkab Solok akan mmeberikan perhatian kepada nagari yang ada,” ujar Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin.

Pemkab Solok mengapresiasi pemerintah nagari dan masyarakat yang telah melaksanakan alek nagari. Ini yang merupakan salah satu budaya/adat yang mesti kita lestarikan sepanjang masa.

“Lakukanlah koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah, masyarakat dan perantau,” harap Yulfadri.

Pihaknya mendukung pembangunan balai-balai adat. Itu sangat penting artinya untuk kelangsungan adat istiadat di nagari. Di samping itu, bahaslah di dalam Musrenbang Nagari sehingga nantinya semua lapisan masyarakat tahu pembangunan apa saja yang menjadi skala prioritas di Tarung-taruang ini.  Wewe

BACA JUGA  Dampak Proyek Perumahan, Halaman MTsN Koto Baru Balunau Pengembang Hanya Minta Maaf

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...