Wakil Bupati Solok, Jon F Pandu Buka Muscab Gerakan Pramuka

jon
Arosuka, SuhaNews – Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu membuka secara resmi musyawarah cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kabupaten Solok, Kamis (10/6) di Guest House Arosuka.

Muscab ini juga dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilyah III Sumbar diwakili KTU Cadin wilayah III Riko Fernanda,S,Pd,M.Pd., Kakan Kemenag diwakili Kasi Pendidikan Madrasah Syamsul Bahri, anggota DPRD Madra Indriawan, Ketua Panitia Muscab Gerakan Pramuka Kab Solok 2021 Irnes Jakly Sy,M.Pd., dan peserta Muscab Gerakan Pramuka Kab Solok Tahun 2021.

Panitia Pelaksana Irnes Jakly Sy mengatakan bahwa musyawarah cabang gerakan pramuka tahun 2021 merupakan kekuasaan tertinggi dalam kwartir cabang gerakan pramuka Kabupaten Solok.

Baca juga: Menteri Kesehatan RI: Pramuka Miliki Potensi Jadi Tenaga Cadangan Hadapi Pandemi

“Berdasarkan Anggaran dasar Gerakan Pramuka pasal 45 dan Anggaran Rumah Tangga pasal 87 menetapkan bahwa Muscab dilaksanakan 5 tahun sekali,” jelas Irnes.

Adapun tema Muscab tahun 2021 adalah ‘Dengan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Solok Tahun 2021 Kita Tingkatkan Kualitas Kegiatan Pramuka dengan Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan dimasa Pandemi Covid19’

Adapun acara pokok pada muscab terdiri atas Penyampaian pembahasan dan pengesahan pertanggungjawaban kwartir cabang selama masa bakti 2016-2021, Penyampaian pembahasan dan pengesahan rencana kerja kwartir cabang untuk masa bakti 2021-2026, Pemilihan Ketua Kwartir cabang untuk masa bakti 2021-2026, Pemilihan anggota formatur untuk menyusun pengurus baru serta pemilihan ketua dan anggota lembaga pemeriksa keuangan.

“Peserta Muscab ini terdiri dari utusan cabang 10 orang, utusan ranting 14 orang, utusan Kepala SD 14 orang, dan utusan MK2S/M 9 orang,” jelas Irnes.

Wabup Jon F Pandu mengatakan bahwa semakin hari Gerakan Pramuka semakin dewasa dalam menjalankan perannya.

BACA JUGA  Resmikan Masjid, Wagub Harapkan Bentengi Generasi Muda dari LGBT

“Meningkatkan peran Generasi Muda dalam pembangunan serta mempersiapkan peserta didik dalam membangun masyarakat adalah dua satya partisipasi pramuka dalam pembangunan bangsa,” jelas Jon Firman Pandu.

Pemda Kab Solok, jelas Jon F Pandu, senantiasa memberikan perhatian yang besar dalam memajukan Gerakan Pramuka sebagaimana tertuang dalam pasal 36 UU Gerakan Pramuka yang menyatakan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah bertugas membimbing, mendukung, dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan serta membantu ketersediaan tenaga, dana dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan.

“Pemkab Solok berupaya memfasilitasi program dan kegiatan kepramukaan, sehingga kedepan kwarcab sebagai induk organisasi kepramukaan dapat terus bersinergi dengan pemerintah Daerah,” jelas Jon F Pandu.

Pemerintah daerah berharap program-program yang dilahirkan gerakan pramuka adalah program yang ril akan kebutuhan dan tuntutan. (Wewe)

Baca juga: Wawako Ramadhani Kirana Putra Pimpin Rapat Bulanan Kwarcab Pramuka Solok

Facebook Comments

loading...