Wakil Bupati Tanah Datar Pantau Penyaluran Bantuan Sosial Tunai

195
tanah datar
Batusangkar, SuhaNews – Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma pantau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Nagari Padang Ganting, Selasa (19/5/2020) di kantor Camat Padang Ganting.

Dalam pemantauan ini, Wabup Tanah Datar didampingi oleh Kajari Tanah Datar diwakili Kasi Intel Tatang S, Kadis Sosial dan PPPA Yuhardi, Camat dan Kapolsek Padang Ganting.

“Masyarakat Tanah Datar yang telah terdata jangan khawatir tidak akan menerima Bantuan Sosial Tunai (BST),” ujar Wabup Zuldafri Darma.

Bantuan Sosial Tunai, jelas Wabup, baik yang bersumber dari Kemensos, APBD Provinsi, APBD Kabupaten maupun Dana Desa, dibagikan secara bertahap. Semua yang terdata akan mendapatkannya santunan ini.

“Tetap terapkan prosedur dan protokol kesehatan Covid-19 selama penyaluran santunan tunai ini,” jelas Wabup Zuldafri Darma.

Covid-19, jelasnya, merupakan wabah yang tidak tampak wujud dan bentuknya secara langsung. Namun mengancam kesehatan dan jiwa kita semua. Karena itu mohon untuk tetap terapkan prosedur yang diajurkan pemerintah, seperti pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan saat proses pendistribusian BST ini ataupun dalam keseharian.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan, BST yang diberikan Pemerintah ini merupakan bantuan bagi masyarakat terdampak, namun belum menerima bantuan program lain, seperti PKH, BLT dan lainnya.

“BST ini, Insya Allah akan diberikan selama 3 bulan ke depan sebesar Rp600 ribu/bulan,” tambah Wabup Zuldafri Darma.

Diharapkan bantuan ini bermanfaat. Setidaknya bisa meringankan beban penerimanya. Uang ini hendkanya dimanfaatkan untuk kebutuhan yang sangat diperlukan.

Sementara itu Kadis Sosial Yuhardi menyampaikan, masyarakat yang menerima program bantuan lain seperti PKH, BLT dan Program Sembako tidak bisa menerima BST.

“Ada 17.372 KK yang diberikan BST ini dari APBD Kabupaten, yang diserahkan langsung di Nagari se-Tanah Datar. Ada 1.098 KK di Nagari Padang Ganting yang diserahkan hari ini,” ujar Yuhardi.

“Tarimo kasih untuak apak-apak jo ibuk-ibuk tu pak, karano iyo bana bajaso dek ambo bantuan ko, karano ambo ndak masuak di bantuan-bantuan lain do. Alhamdulillah, bisa juo ka untuak bali bareh jo samba dek kami pak, sakali lai tarimo kasih,” sampai Yunimar, seorang warga penerima bantuan.

Wabup Zuldafri Darma beserta rombongan melanjutkan pemantauan ke Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting dan Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto.

Reporter: Dajim      Editor: Wewe

Baca Juga:

Wabup Tanah Datar Tinjau Penanganan Galodo di Malalo

Facebook Comments

loading...