Walikota Pariaman Genius Umar Apresiasi Buru Mancik di Desa Marabau

genius
buru mancik
Kota Pariaman, SuhaNews – Masyarakat Desa Marabau, Kecamatan Pariaman Selatan,  Kota Pariaman melakukan buru mancik (tikus) di areal persawahan desa setempat.

Selain petani, kegiatan buru mancik ini juga diikuti masyarakat setempat dan para petani desa tetangga yang hamparan sawahnya bersebelahan dengan Desa Marabau.

“Jajaran UPT BPP Pertanian dan penyuluh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pariaman juga ikut berburu tikus di areal persawahan Desa Marabau,” ujar Pj.Kades Marabau, Erfan Sayuti.

Baca juga: Hama Tikus Hantui Petani, Talu Tanam Padi Dua Kali Setahun

Walikota Pariaman Genius Umar mengapresiasi pelaksanaan kegiatan buru mancik ini dengan cara swadaya masyarakat bergotong royong,

“Tradisi berburu mancik ini merupakan warisan budaya leluhur di Pariaman,” ujar Genius Umar, Kamis (5/8/2021).

Kita menyadari, tambah Genius, bahwa 60 % masyarakat Kota Pariaman adalah petani. SDiharapkan desa lain melakukan kegiatan serupa dengan Desa Marabau ini,

“Langkah ini mampu memotivasi para petani supaya hasil panennya meningkat dari panen sebelumnya serta dengan melakukan tanam serentak usai pemusnahan hama tikus,” ucap Genius Umar.

“Setiap satu ekor tikus yang didapat petani diganti Rp1.000, yang dibayarkan melalui swadaya masyarakat, sehingga hal ini memacu para peserta buru tikus untuk berlomba-lomba mendapatkan tikus yang banyak,” tutur Erfan. (*/We)

Baca juga: Minimalisir Serangan Hama, Pessel Terapkan Pola Tanam Serentak

Facebook Comments

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Kunjungi SKK Migas Sumur Sinamar Sijunjung
loading...
Artikel sebelumyaDalam Sehari, 3 Kasus Ganja dan Sabu Diungkap Polres Pessel
Artikel berikutnya22 Mahasiswa IAIN Batusangkar KKN di Sulit Air