Walikota Pariaman, Genius Umar Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Tani

genius
SuhaNews –  Walikota Pariaman, Genius Umar serahkan bantuan kepada kelompok tani dan KWT (Kelompok wanita Tani) Program P2L (Perkarangan Pangan Lestari) DAK NF (Dana Alokasi Khusus Non Fisik) dari Pemerintah Pusat untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Saya sangat merasa senang dan bangga dapat berkumpul dengan bapak dan ibu petani dan (KWT) yang aktif di Kota Pariaman, dimana dengan keberadaan mereka, kita berharap seluruh pekarangan dan lahan tidur yang tidak produktif,” ujarnya ketika menyerahkan bantuan bibit jagung kepada kelompok tani dan bibit tanaman perkarangan kepada KWT di Kota Pariaman, bertempat di Kantor Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3), Desa Jati Mudik, Kecamatan Pariaman Tengah, Rabu (8/6).

Baca juga: Wakil Gubernur Audy Joinaldy Kunjungi Kelompok Tani di Payakumbuh

Genius mengatakan bahwa dengan aktifnya para petani dan KWT yang ada, mereka dapat menyulap lahan tidak produktif, menjadi lahan produktif, dan kami Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3), akan selalu membantu untuk itu, ulasnya.

“Bantuan yang kita berikan berupa uang tunai sebesar Rp. 7.500.000 rupiah, untuk 7 KWT Tahap Pengembangan dan Rp. 30 Juta rupiah, untuk 4 KWT Tahap Penumbuhan, serta bibit jagung sebanyak 225 Kg, untuk 11 kelompok petani, dengan total luas lahan 15 H, yang mana dana ini berasal dari DAK NF dari pemerintah pusat, dalam program Perkarangan Pangan Lestari (P2L),” tukasnya.

Lebih lanjut Genius menyebutkan, P2L merupakan kegiatan yang di laksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersamaan-sama mengusahakan lahan Perkarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksebilitas dan pemanfaatan serta pendapatan, dan kegiatan P2L ini, dapat kita jadikan untuk meningkatkan Ketahanan Pangan di Kota Pariaman.

BACA JUGA  Polres Payakumbuh Amankan Puluhan Warga Tak Pakai Masker

“Saya berharap, dengan bantuan P2L dan bibit Jagung ini, seluruh pekarangan dan lahan tidur yang tidak produktif di Kota Pariaman, dapat diolah menjadi lahan yang produktif dan menghasilkan, yang akan meningkatkan kesejahteraan para petani dan anggota KWT yang ada di Kota Pariaman,” tutupnya.

Sementara itu Kepala DP3 Kota Pariaman, Dasril mengatakan bahwa 4 KWT yang mendapatkan bantuan Rp. 30 Juta diberikan kepada KWT Harapan Bersama Desa Manggung, Kec. Pariaman Utara, KWT Subur Berkembang Desa Taratak, Kec. Pariaman Tengah, KWT Harapan DesaKaluat, Kec. Pariaman Timur dan KWT Rampak Jaya Desa Punggung Lading, Kec. Pariaman Selatan, ucapnya.

“Untuk 7 KWT yang menerima  bantuan Rp. 7.500.000, antara lain KWT Sehati Desa Cubadak Air, KWT Harapan Baru Desa Naras Hilir, dari Kec. Pariaman Utara, KWT Melinjo Kelurahan Pondok II, KWT Istiqomah Desa Kampung Perak dari Kec. Pariaman Tengah, KWT Melati Desa  kampung Tangah, KWT Limpapeh Desa Pakasai dari Kec. Pariaman Timur dan terakhir KWT Sarai Serumpun Desa Toboh Palabah dari Kec. Pariaman Selatan,” terangnya.

Dana yang diberikan merupakan dana untuk pembelian Sarana Pembibitan, Pengembangan Deplot, Pengembangan Pertanaman dan Penanganan Pasca Panen, sehingga KWT ini nantinya dapat menanam dan menghasilkan pendapatan dari tanaman yang mereka tanam, katanya mengakhiri. Rel

Baca juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKajati Sumbar Resmikan Balai Restorative Justice Sawahlunto
Artikulli tjetërSiap Subuh JCH Kab. Solok Kunjungi Masjid Quba dan 4 Lokasi Lainnya