Warganya Tempati Rumah Plastik, Wabup Solok Terenyuh

604
plastik
SuhaNews – Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin terenyuh melihat warganya yang tinggal di rumah plastik. Aprizal (28) sudah dua tahun menetap di di Lembang Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti.

“Kami sekeluarga sudah dua tahun mendiami ‘rumah’ ini,” ujar Aprizal kepada Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, yang menyambangi rumah ini, Rabu (13/5/2020).

plastik

Sebelumnya keberadaan rumah plastik Aprizal sempat viral di media sosial Facebook. Begitu mengetahuinya, Wabup Solok langsung menuju kediaman Aprizal.

“Rumah Plastik” ini, pertama kali diposting oleh akun Facebook Akhi Raes Alpa dan sempat dibagikan ratusan kali serta ratusan komen dan like.

Wabup Yulfadri Nurdin terenyuh mendengar pengakuan Aprizal. Dikatakan bahwa ia tinggal bersama istrinya Susanti (25) dan dua anaknya Ara Aqila (2), serta Nabila (5,5).

“Benar, Aprizal dan keluarga tinggal di rumah plastik  berlantai tanah,” jelas Yulfadri Nurdin.

Rumah plastik milik Aprizal ini, terlihat atap, dinding dan lantai rumah semuanya terbuat dari plastik bekas mulsa untuk plastikberladang masyarakat sekitar.

 

 

Plastik bekas mulsa itu dibingkai dengan kayu-kayu bekas. Ukurannya pun hanya 3 m X 6 m. Seluruh bahagian rumah dilapisi plastik berlapis-lapis untuk melindungi keluarganya dari dinginnya suhu udara di Alahan Panjang.

“Sebelumnya, kami menumpang di rumah saudara di nagari Surian Kec. Pantai Cermin,” jelas Aprizal.

Wabup Solok, Yulfadri Nurdin kian kaget, karena Aprizal tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah. Karena data kependudukannya tidak lengkap.

“Sekarang data saya sudah diperbaiki oleh Pemerintahan Nagari Alahan Panjang,” tutur Aprizal.

“Saya baru mendapatkan informasi Selasa (12/5) malam,” ujar Wabup Yulfadri Nurdin didampingi Walinagari Alahan Panjang Zulkarnaini, Wali jorong dan tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah, para donatur Alahan Panjang sudah telah mengumpulkan dana untuk bedah rumah Aprizal,” ujar Yulfadri Nurdin.

Mudah-mudahan dengan adanya, bantuan ini, jelas Yulfadri, Aprizal bisa menempati rumah layak huni.

“Sebelum Idul Fitri  1441 H bedah rumah Aprizal sudah selesai,” ujar Wabup Solok, yang merupakan Putra Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti ini.

plastik
Wabup Solok sambangi rumah plastik Aprizal

Seperti dijelaskan Wali Nagari Alahan Panjang, Zulkarnain, rumah Aprizal akan dibangun dengan ukuran 7 m X 7 m. Akan dikerjakan dengan gotong royong bersama pemuda dan masyarakat setempat.

“Atas nama pemerintah daerah saya ucapkan terimakasih kepada para pendonatur yang telah secara sukarela turut meringankan beban bapak Aprizal,” ujar Wabup Yulfadri Nurdin.

Alahan Panjang. suhu udaranya memang dingin,  apalagi di malam hari, dingin kian terasa. Karena itulah, jika rumah ini bisa ditempati lebih cepat tentu akan lebih baik.

“Peralatan dapur dan kebutuhan kasur akan kita usahakan dari Dinas Sosial,” jelas Wabub Yulfadri.

Dalam kunjungan ini, Wabub Solok Yulfadri Nurdin memberikan sumbangan Rp2.000.000. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...