Warisan Geologi di Sijunjung Dikunjungi Badan Geologi Kementerian ESDM

Sijunjung, SuhaNews – Berharap bisa dijadikan Cagar Alam Geologi, Bupati Sijunjung undang Tim Badan Geologi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkunjung  warisan geologi di Kabupaten Sijunjung.

“Tim badan geologi ESDM datang berkunjung diminta oleh Bupati Sijunjung untuk melihat beberapa kawasan cagar alam geologi di Kabupaten Sijunjung,” ujar Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Silokek, Ridwan, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Zohirin Sayuti Ikuti Audiensi dengan Badan Geologi Kementerian ESDM

Sudah tiga kali Geopark Silokek masuk seleksi ke UNESCO, jelas Ridwan, tetapi belum beruntung. Karena ada beberapa kriteria UNESCO yang harus dimiliki.

Empat belas kawasan geologi di Sijunjung, jelas Ridwan, meliputi Air Terjun Lubuk Pendakian, Konglomerat Brani Ngalau Batuik, Gua Inyiak Umpuah, Front Bukik Kupitan, Air Terjun Granit Bukit Kajai.

Kemudian, Komplek Karst Silokek, Granit Sangkiamo, Komplek Intrusi Mambuik, Mata Air Panas Batugamping, Ngalau Batugamping Loguang, Air Terjun Timbulun, Sialang Batu Lubuak Tarok, Air Terjun Tujuh Timbulun, dan Danau Biru Kunangan.

Sebelumnya, 14 Warisan Geologi ini berbentuk titik, ketika cagar alam geologi masuk maka akan menjadi sebuah kawasan yang dilindungi.

“Badan Geologi ESDM memberikan pujian dan penemuan unik dari kawasan geologi yang ada di Sijunjung,” jelasnya.

Salah satu hal unik ditemukan batu yang berusia 350 juta tahun dan 250 juta tahun di Komplek Karst Silokek dan Granit Sangkiamo.

“Jika telah dilakukan survei dan dibentuk cagar alam geologi tentu banyak manfaatnya bagi masyarakat,” kata Ridwan.

Cagar alam geologi tidak akan merusak kawasan masyarakat yang dimasukkan ke dalam cagar hanya situs geologi. Keuntungan yang didapat dapat terlihat dari sektor ekonomi dan pariwisata.

BACA JUGA  Dukung Peningkatan Penggunaan Pupuk Organik, Sultan: Anggaran Subsidi Pupuk Perlu Ditingkatkan

“Pembentukan cagar alam geologi akan dibicarakan lagi dengan pemerintah maupun berbagai kalangan masyarakat,” Dicko/We

Baca juga: UNP dan Pokdarwis Lembah Sajonang Garap Gua Janjian Talago Gunuang Jadi Wisata Geologi

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -