Zohirin Sayuti Ikuti Audiensi dengan Badan Geologi Kementerian ESDM

Zohirin
Sawahlunto, SuhaNews – Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengikuti audiensi dengan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineal (ESDM) untuk membahas langkah-langkah menuju UNESCO Geopark Global.

“Dalam audiensi itu juga mendengarkan pengalaman dari Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat yang telah berhasil menjadikan kawasan Ciletuh Pelabuhan Ratu sebagai UNESCO Global Heritage,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Nova Erizon, Kamis (9/12)

Baca juga: UNP dan Pokdarwis Lembah Sajonang Garap Gua Janjian Talago Gunuang Jadi Wisata Geologi

Audiensinya, jelas Nova Erizon, dilaksanakan di Kota Bandung, Rabu (8/12). Salah satu kegiatannya adalah mendengarkan cerita dari daerah lain yang telah berhasil mendapatkan status UNESCO Global Heritage.

“Ini sangat bermanfaat memberikan referensi bagi Kota Sawahlunto yang masuk dalam Geopark Ranah Minang,” ujar Nova Erizon.

Nova melaporkan, pertemuan dengan Badan Geologi itu difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, yang diikuti 11 kabupaten/kota.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengatakan bahwa Geopark tidak hanya tentang geologi, tetapi juga tentang flora, fauna dan budaya yang diharapkan mampu mengangkat taraf ekonomi masyarakat di lokasi geopark melalui aktivitas-aktivitas wisata pendidikan, wisata budaya dan wisata geologi.

“Nah branding Unesco jelas diperlukan dalam menarik lebih banyak wisatawan datang ke Geopark Ranah Minang, termasuk Geopark di Kota Sawahlunto,” kata Wakil Wali Kota.

Geopark Sawahlunto, jelas Zohirin, telah ditetapkan menjadi geopark nasional di akhir tahun 2018 lalu, dimana Geopark Sawahlunto terdiri dari 50 geosites. Rinciannya, 30 geosites geologi dan 20 geosites non geologi. (*)

Baca juga: Temukan Lubang Jepang di Tabing Banda Gadang, Wako Hendri Septa : Semoga Jadi Destinasi Wisata Baru

Facebook Comments

BACA JUGA  Zohirin Sayuti Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak SD
loading...
Artikel sebelumyaWalikota Sawahlunto dan Ombudsman RI Tandatangani MoU
Artikel berikutnyaLihat Potensi Pertanian, Komisi IV DPR RI Kunjungi Kota Pariaman