Yayasan Haji Bagindo Dahlan Abdullah Pariaman Gelar Lomba Madrasah Qur’an

bag
Pariaman, SuhaNews – Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kota Pariaman, Syamsuardi membuka perlombaan antarmurid madrasah Qur’an binaan Yayasan Haji Bagindo Dahlan Abdullah di Mesjid Darul Ma’arif Kelurahan Pondok II Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, Minggu, (14/2/2021).

“Ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk memancing semangat peserta agar fokus dalam mempelajari ilmu Al-Qur’an dan menunjukkan kebolehannya dalam hafalan Al-Qu’an,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kota Pariaman, Syamsuardi.

Pemerintah Kota Pariaman selalu mendukung kegiatan seperti ini agar putra putri Kota Pariaman bisa menjadi Hafiz dan Hafizah. Untuk pemenang lomba ini, Walikota Pariaman akan memberikan hadiah berupa menginap satu malam di Hotel Safari Inn Kota Pariaman.

“Pemerintah Kota Pariaman di bawah kepemimpinan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin mempunyai visi misi mewujudkan kota perdagangan dan jasa yang religius, berbudaya, berkarakter islami dan Al-Quran,” jelas Syamsuardi.

Pemko Pariaman telah melakukan beberapa program, antara lain melaunching Tahfiz read Al Qur’an tingkat Kecamatan Pariaman Selatan dan Pariaman Timur,  mengeluarkan Perda No.6 tahun 2009 tentang baca tulis al-quran, menggalakan kegiatan Maghrib Mengaji di tengah-tengah lingkungan masyarakat Kota Pariaman dan ditambah dengan program Subuh Indah Penuh Berkah (masih puber).

“Ada 3 program unggulan di bidang Al-Qur’an yaitu read Al-Qur’an centre, kedua Pembina pondok Al-Qur’an atau rumah tahfiz didesa, lurah bahkan di sekolah dan ketiga memilih penyuluh agama desa lurah se Kota Pariaman,” tambah Syamsuardi.

Tahun ini, jelas Syamsuardi. Kota Pariaman akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 39 Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di Padang Panjang. Kota Pariaman akan mengikuti 38 cabang dengan jumlah peserta 70 orang Qori Qoriah, hafiz hafizah dan khat khattah, “ tambanya.

BACA JUGA  Perdagangkan Bagian Tubuh Satwa Dilindungi, Dua Pelaku Diamankan

Kota Pariaman dalam tahun ini akan membuka Pondok Al-Qur’an dan membina hafiz hafizah setiap tahunnya. Untuk pemenang I, II dan III pada lomba antar murid madrasah Qur’an ini nantinya akan digabungkan dengan hafiz hafizah Kota Pariaman untuk mendapat binaan, sehingga kita akan ikutkan pada seleksi MTQ ke-39 tingkat Provinsi.

Pada tahun 2019, jelas Syamsuardi. sebanyak 1217 orang siswa-siswi Tahfizh mengikuti wisuda Tahfizh Santri Read Al-Qur’an Center Angkatan I Tahun 2019 Kota Pariaman.

Rencananya Tahun 2020 kita lakukan kembali namun karena adanya pendemi COVID-19 wisuda dibatalkan.

Tahun 2021 kita kembali akan melakukan pendataan ke seluruh yayasan, madrasah atau tempat mengaji untuk dilakukan wisuda massal pada festival Muharaam Kota Pariaman dan Kota Pariaman mempunyai target akan melakukan wisuda sebanyak 2000 orang.

“Para santri mepunyai tugas dan kewajiban kepada Al-Qur’an,” jelas Syamsuardi.

Ada empat tugas yang wajib dilaksanakan, yaitu mempelajari, membaca, mengajarkan dan mengamalkan. Allah akan berikan empat hal bagi anak santri yang melaksanakan tugas dan kewajibanya, antara lain kehidupan yang beruntung, rezeki yang mulia, badan sehat, otak cerdas, derajat yg mulia dan dosa diampuni.

Lomba ini diikuti oleh 68 orang peserta dengan tiga jenis yang dilombakan.  Hafiz 5 juz, 1 Juz dan tilawah.

“Pemko Pariaman berterima kasih kepada Yayasan Haji Bagindo Dahlan Abdullah dan keluarga besar atas kontribusinya selama ini kepada Pemko Pariaman,“ tuturnya. (*)
Baca juga:

Facebook Comments

loading...