1 Syawal 1441 H Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

470
syawal
Solok, SuhaNews. Melalui sidang istbat yang dipimpin Menteri Agama Fachrul Rozi memutuskan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020. Keputusan ini selain mengacu pada dua metode yang dipakai Kementerian Agama juga bersamaan dengan 1 Syawal di Arab Saudi.

Selain sidang yang dipimpin oleh Menteri Agama, Badan Hisab Rukyat (BHR) Kab. Solok bersama Kemenag Kab. Solok, Pemda Kab. Solok yang dipimpin Kabag Kesra dan BRI Solok juga melakukan pengamatan hilal di Bukit Berbunga Sitinjau Lauik, Jumat (22/5) sore.

Kepada SuhaNews, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar menyebutkan, kegiatan pemantauan hilal yang dilakukan oleh BHR ini nantinya akan jadi masukan ke Kanwil Kemenag Sumbar dan BHR Propinsi.

“Walaupun hasil pengamatan kita tidak menjadi keputusan penetapan 1 Syawal, namun kegiatan ini dan hasilnya akan jadi pertimbangan nantinya. Keputusan penetapan 1 Syawal tetap mengacu pada keputusan Menteri Agama,” jlas H. Alizar.

Kemudian terkait pelaksanaan salat Idul Fitri, H. Alizar menyebutkan masyarakat diminta untuk mematuhi himbauan Pemerintah Kab. Solok. Sedangkan untuk takbiran, dilahkan tetap dilaksanakan namun tidak dengan takbiran keliling atau berkumpul di masjid dan musala.

“Kumandangkanlah takbir, dendangkan asma Allah, tapi tetap patuhi protokol kesehatan demi kebaikan kita bersama, jangan berkerumun,” harap H. Alizar.

Menutup bincang singkatnya malam ini, H. Alizar mengatakan setelah ini akan ada pengumuman resmi terkait penetapan 1 Syawal 1441 H dan pelaksanaan Takbir dan Salat Idul Fitri ditengah Pandemi Covid-19, oleh Pemerintah dan lembaga terkait lainnya.

reporter : Hendri editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...