1000 Marawa Batik pada Pembukaan Festival Talago di Tabek Patah

marawa
Batusangkar, suhanew.co.id – Bentangan 1.000 marawa batik kain panjang mewarnai Festival Talago Kamba di Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar yang dibuka secara resmi Bupati Tanah Datar Eka Putra, Sabtu (14/8/2022).

Wali Nagari Tabek Patah Krisman Dt. Rajo Nan Kayo mengatakan, Festival Talago Kamba yang digelar di Talago Pakih tersebut sebagai upaya memperkenalkan adat dan budaya salingka nagari kepada masyarakat atau pengunjung yang datang.

“Saat ini yang menjadi ikon festival adalah 1000 marawa batik kain panjang ini yang diiringi dengan ma arak anak dari rumah bako ka rumah tampatan,”ujarnya.

Kekayaan adat dan budaya di Nagari Tabek Patah, tambah Krisman, sangatlah beragam karena Nagari Tabek Patah terdiri dari lima suku, yaitu Suku Caniago, Bodi Caniago, Koto Piliang, suku kutianyia, Dalimo dan suku melayu Mandahiling.

“Tentunya, kebiasaan masing-masing suku ada perbedaan. Inilah kekayaan adat kita yang bisa kita tampilkan menjadi sebuah keunggulan dalam menarik wisatawan untuk berkunjung ke festival ini,” sampainya.

Festival Talago Kamba itu dihiasi prosesi adat ma arak anak yang diiringi berbagai hantaran seperti kambing dan yang dijunjung para ibu-ibu diatas kepala seperti jamba, padi, kelapa serta aneka keperluan lainnya, dan juga lebih dari seribu marawa dari kain panjang turut mengiringi dan yang terpasang menghiasi area talago kamba tersebut.

Sementara Bupati Eka Putra mengatakan, Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event ditujukan untuk menggairahkan kembali kepariwisataan pasca pandemi beberapa waktu lalu.

“Progul ini memiliki konsep melestarikan budaya dan adat dengan berbagai tradisinya yang juga mampu mengangkat kembali sektor pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyakarat setempat serta UMKMnya,” terang Eka.

BACA JUGA  Polres Padang Kota Amankan 55 Unit Motor Curian

Dikatakan Eka, dari tiga kali pelaksanaan satu nagari satu event, telah terjadi perputaran uang sekitar Rp2 miliar dengan jumlah pengunjung sebanyak 26 ribu orang.

“Angka ini tentu menunjukkan kebermanfaatan Progul ini dan tentunya Kita juga berharap dari event-event yang bernuansa budaya khas masing-masing daerah itu dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai daerah di Tanah Datar bahkan daerah lain di Provinsi Sumatera Barat, wilayah Indonesia bahkan luar negeri,” harapnya.

Di kesempatan lain, Anggota DPRD Tanah Datar putra Nagari Tabek Patah Nurhamdi Zahari Dt. Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh menyampaikan, l ucapan terima kasih kepada semuak pihak yang telah mensuport alek anak nagari Tabek Patah selama dua hari yang diisi berbagai penampilan kesenian dan pasar kuliner jajanan tradisional khas dan juga produk UMKM.

“Progul satu nagari satu event tentunya diharapkan dapat mengangkat potensi daerah, khususnya potensi alam, budaya dan sejarah sehingga menjadi daya tarik wisata yang akan mengangkat perekonomian masyarakat juga,” katanya. (dajim)

Berita Terkait :

marawa marawa marawa marawa 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakUPZ Polres Solok Serahkan Bantuan di Subarang Koto Baru
Artikulli tjetërWako Hendri Septa Perjuangkan Nasib Pegawai Honor ke Menpan-RB