15 Anggota Tahsin Binaan PAIF MKS Bukittinggi Ikuti Khatam

15 Anggota Tahsin Binaan PAIF MKS Bukittinggi Ikuti Khatam
Bukittinggi, SuhaNews. Di tengah pandemi Covid-19, 15 orang  anggota Kelompok Tahsin Grya Mitra Gulai Bancah yang beralamatkan di Jl. Patanagan Gang Grya Mitra Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kec.MKS Kota Bukittinggi mengikuti Khatam Tahsin, Senin (26/07) bertempat di Masjid Raudhatul Jannah Gulai Bancah.

Kelompok Tahsin Grya Mitra Gulai Bancah ini merupakan salah satu lokasi binaan bimbingan dan penyuluhan Darul Aspani (Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kemenag Kota Bukittinggi dengang anggota warga komplek Grya Mitra Gulai Bancah.

“Kelompok tahsin Grya Mitra Gulai Bancah ini di bentuk dan mulai aktif kegiatan anggotanya sejak bulan Juli 2019 bertempat di room meeting/ ruang belajar di sebuah rumah besar dan megah milik pasangan Bapak Haji Gito Sernando dan Hj. Elniwati, Agniya’ (Pedagang Sukses di Ramayana Pasar Atas Bukittinggi),” jelasnya.

Kelompok Tahsin ini di ketuai langsung oleh tuan rumah buk Hj. Elniwati dengan anggota kawan-kawan seprofesi, ikatan warga se kampung/paguyuban hingga tetangga masyarakat disekitar gulai bancah.

“Senin 26 Juni 2021, lebih kurang setelah dua tahun berjalan kegiatan bimbingan tahsin al-Qur’an di lokasi binaan ini, dilaksanakan kegiatan haflah khatam tahsin sebagai evaluasi kegiatan. Khatam tahsin ini diikuti oleh 15 orang anggota Kel. Tahsin Grya Mitra Gulai Bancah yang diselenggarakan di Masjid Raudhatul Jannah Gulai Bancah dengan menghadirkan pejabat-pejabat dari kankemenag Kota Bukittinggi, Pokjaluh Kota Bukittinggi, Camat dan Kepala KUA Kec. Mandiangin Koto Selayan, Lurah dan RT/RW di Kelurahan Kubu Gulai bancah serta tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tahsin dan pengurus Masjid Raudhatul Jannah Gulai bancah sebagai undangan,” kata darul Aspani lagi.

Sambutan akrab dan keramahan ditunjukkan tuan rumah dan keluarga dengan di siapkanya sarana prasana fasilitas belajar sehingga anggota bimbingan dapat mengikuti penyuluhan dengan baik tanpa kendala, bahkan anggota bimbinganpun terus bertambah dari jumlah 15 orang hingga 20 orang. Materi bimbingan dan penyuluhan tahsin dan ilmu agama yang disajikan secara baik oleh Penyuluh Agama ini dapat difahami dengan mudah oleh peserta tahsin.

BACA JUGA  Forum Penyuluh Tilatang Kamang, Agam Gelar MTQ dan Lomba Pidato Antar Lansia

Bapak Haji Gito Sernando yang diundang secara khusus sebagai tuan rumah tempat diselenggarakannya kegiatan belajar tahsin al-Qur’an Grya Mitra, mewakili keluarga dalam sambutannya menyampaikan rasa senang dan banyak terima kasih kepada Kankemenag Kota Bukittinggi yang telah menetapkan penyuluh agama, khususnya Ustadz Darul Aspani, S.Ag.,M.H untuk memberikan bimbingan tahsin al-qur’an di tempatnya.

“Semoga kegiatan ini akan membawa banyak manfaat dan keberkahan khususnya bagi rumah dan keluarga kami serta anggota bimbingan Tahsin umumnya. Kami berharap agar kegiatan bimbingan ini tidak berhenti hingga selesai khatam saja,” harapnya.

Kakankemenag Kota Bukittinggi yang diwakili JFU Bimas Islam H. Syamsul Bahri, S.HI.MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penyuluh Agama Islam sebagai ujung tombak Kementerian Agama mempunyai Tugas Pokok melaksanakan bimbingan dan penyuluhan agama dan pembagunan kepada masyarakat melalui bahasa agama.

Di antara bimbingan penyuluhan tersebut adalah memberikan bimbingan untuk masyarakat muslim agar bisa dan lancar membaca al-Qur’an bahkan melakukan tahsin (perbaikan) dalam bacaannya. Kelompok jamaah dalam bimbingan ini disebut dengan Kelompok bimbingan tahsinul qur’an. Kelompok ini pada umumnya diikuti oleh masyarakat dari tingkat remaja, dewasa hingga lansia, sedangkan untuk tingkat anak-anak sudah ada lembaga pendidikan non formal yang menampungnya seperti Madrasah Ibtidaiyah, madrasah diniyah dan pendidikan al-Qur’an lainnya.

Darul aspani, S.Ag., M.H merupakan seorang Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang ditugaskan pada wilayah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, merupakan penyuluh yang paling dominan melakukan kegiatan bimbingan di bidang tahsinul Al-qur’an disamping ilmu-ilmu keagamaan lainnya karena mempunyai Basic ilmu tajwid yang baik dan juga berprofesi sebagai Qari dengan berbagai prestasi, baik pada tingkat kab/Kota hingga provinsi serta pengalaman mengajar al-Qur’an yang dimilki.

BACA JUGA  SDN 06 Simp Tj Nan IV Juara Umum KOSN Danau Kembar

“Dengan pengalaman tersebut makin mudah melaksanakan tugas bimbingannya, sehinga setiap lokus binaan yang diusulkan selalu diberikan materi tentang tahsin ini. orang-orang yang mengajarkan, mempelajari dan membaca al-Qur’an bahkan memahami kandungannya adalah Keluarga Allah di Bumi. Beruntunglah orang-orang yang selalu istiqamah menjadi keluarga, dekat dengan al-Qur’an. Hal ini hendaknya mampu memberikan motivasi serta menyemengati peserta khatam kel. tahsin Grya Mitra ingin melanjutkan belajar al-Qur’an lebih luas lagi setelah kegiatan khatam tahsin selesai,” motivasinya,

Camat Mandiangin Koto Selayan dalam sambutannya menyatakan sangat mendukung kegiatan bimbingan tahsin ini untuk masyarakat di kecamatan MKS dan kalau bisa dilaksanakan untuk setiap kelurahan. Setelah menyampaikan sambutannya Bapak Camat MKS yang diwakili Kasi Agama,Sosial dan Budaya Kantor Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bapak Muhibudin, S.Sos. membuka secara resmi kegiatan acara dan haflah khatam tahsin tersebut, yang dilanjutkan dengan pembacaan al-Qur’an oleh seluruh peserta khatam. Bertindak sebagai Hakim penilai adalah H. Umar Bin Khattab staf JFU KUA Kec.MKS Kota Bukittinggi. Dan diakhir kegiatan disampaikan para pembaca terbaik khatam. reporter : Darul/Yal editor : Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaWalikota Pariaman, Genius Umar Lantik 36 Tenaga Fungsional
Artikel berikutnyaWabup Tanah Datar Lantik Plt. Wali Nagari Sungai Tarab