150 Orang Mustahiq Terima Zakat dari BAZNas Kota Sawahlunto

baznas
Walikota Deri Asta salurkan zakat Baznas sawahlunto
Sawahlunto, SuhaNews – Sebanyak 150 orang mustahiq menerima zakat dari Baznas Kota Sawahlunto, dengan total zakat yang disalurkan sebesar Rp 175.150.000. Penyerahan zakat tersebut dilasanakan Senin 01 November 2021 di kantor Baznas Sawahlunto.

Adapun zakat Oktober 2021 ini disalurkan untuk Kecamatan Lembah Segar sebesar Rp 33.350.000,- dengan jumlah mustahiq 25 orang. Kecamatan Silungkang total zakat yang disalurkan adalah Rp26.800.000,- dengan jumlah mustahiq 44 orang.

Baca juga: Baznas Salurkan Zakat Agam Cerdas Sebesar Rp148 Juta

Selanjutnya, Kecamatan Talawi, total zakat yang disalurkan adalah Rp51.300.000,- dengan jumlah mustahiq 37 orang. Sementara untuk Kecamatan Barangin total zakat yang disalurkan adalah Rp63.700.000,- dengan jumlah mustahiq 44 orang.

“Zakat bulan Oktober ini, mustahiq penerima zakat dibagi ke dalam 5 kategori,” ujar Ketua BAZNas Kota Sawahlunto, Edrizon Effendi.

Adapun  5 kategori mustahiq. Yakbi bantuan biaya pendidikan, modal usaha, jompo/lansia, biaya berobat, dan bedah rumah tidak layak huni.

Di Kecamatan Silungkang misalnya, jelas Edrizon Effendi, ada 39 mustahiq memperoleh zakat untuk biaya pendidikan, kemudian 2 mustahiq memperoleh zakat untuk biaya modal usaha, 1 orang mustahiq memperoleh zakat untuk bedah rumah, 1 orang mustahiq memperoleh zakat untuk biaya hidup jompo/lansia, 1 orang mustahiq memperoleh zakat untuk biaya berobat.

“BAZNas Sawahlunto sejak Januari sampai dengan Oktober 2021 ini telah mengumpulkan zakat mal sejumlah Rp4 miliar lebih,”jelas Edrizon Effendi.

baznasSementara zakat mal yang telah disalurkan, sampai Oktober 2021 ini, jelas Edrizon Effendi, sebesar Rp3,2 miliar.

Walikota Sawahlunto Deri Asta yang menghadiri penyaluran zakat berpesan agar para mustahiq dapat memanfaatkan zakat tersebut sesuai niat dan tujuan permohonan, sehingga tidak terjebak untuk menggunakan zakat untuk membeli kebutuhan konsumtif.

BACA JUGA  Diduga Maksiat, 3 Pasang Muda-Mudi Di Tertibkan Satpol PP Padang

“Bagi warga yang belum terjangkau bantuan Pemko, akan dibantu dengan BAZNas ini,”ujar Walikota Deri Asta. (*)

Baca juga: Baznas Padang Panjang Salurkan Dana Zakat, Buya Alizar Beri Tausiah

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBupati Solok Serahkan Hadiah Pemenang FLS2N dan KSN 2021
Artikel berikutnyaShaqueena, Siswi MI Swasta Bukittinggi Persembahkan Medali untuk Sumatera Barat