Puluhan Orang Siswa MAN 1 Bukittinggi Lolos KSM dan OSN Tingkat Sumbar

man
Bukittinggi,SuhaNews–Sebanyak 21 orang peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi melaju ke tingkat provinsi dalam Kompetensi bergengsi KSM dan OSN/KSN. Dari 21 orang ini, dua orang diantara mereka lolos di OSN dan lolos juga KSM tingkat provinsi. 21 orang peserta didik tersebut terbagi kepada OSN/KSN sebanyak 13 orang dan KSM sebanyak 8 orang.

Dengan banyaknya peserta didik yang masuk dalam OSN dan KSM tingkat provinsi menjadikan MAN 1 Kota Bukittinggi berada pada posisi pertama terbanyak tingkat Madrasah yang lolos ke Provinsi.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional ( KSN ) adalah program unggulan Kemendikbud Ristek sementara dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah salah satu program unggulan Kementerian Agama RI. Kedua program ini betujuan untuk memberikan motivasi dan menumbuhkan potensi peserta didik di bidang sains dan Integrasi.

Ajang ini dilakukan setiap tahunnya, baik oleh Kemendikbud Ristek yakni Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang dulunya disebut Kompetensi Siswa Nasional ( KSN ) maupun oleh Kementerian Agama RI yaitu Kompetisi Sains Madrasah ( KSM) yang diikuti oleh seluruh peserta didik, baik ditingkat SD/MI, SMP/MTsaupun SMA/MA seluruh Indonesia dengan berjenjang yaitu tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

MAN 1 Kota Bukittinggi melalui program Ekstrakurikuler Sains yang selalu melakukan pembinaan bagi peserta didik berprestasi terus melakukan pembinaan dan pembimbingan peserta didik guna menfasilitasi dan mempersiapkan peserta didik untuk dapat diikutkan pada OSN/KSN maupun KSM.

Tahun ini untuk ajang OSN peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi yang lolos ketingkat provinsi mewakili Madrasah Aliyah di Kota Bukittinggi sebanyak 13 orang dengan Mata Pelajaran (Mapel) Matematika 3 orang : Nadya Putri, Angelina Dzaskia Hulda, M.Rifki Habibi, Mapel Astronomi 2 orang : Wahyu Septa Prima, Raihan, Mapel Biologi 2 orang : Nurul Salsabila, Taufik Hidayat, Mapel Ekonomi 2 orang : Geovani, Muhammad Adnan Hasan, Mapel Geografi 3 orang : Lukmanul Hakim, Hadi, Dhevin Akbar Fajri dan Mapel Kebumian 1 orang : Diva Melani.

BACA JUGA  Cegah Kecurangan, Agam Maksimalkan Fungsi UPTD Metrologi

Sedangkan untuk ajang KSM yang akan mewakili tingkat provinsi sebanyak 8 orang, yaitu pada Mapel Matematika : Nadya Putri, Mapel Fisika : Nasywa Aldira, Mapel Kimia : Khalisha Rezki Faizia dan Rahmi El Furqani, Mapel Ekonomi : Ridho Alfarizi dan Yesa Destia R, serta Mapel Geografi : Dhevin Akbar Fajri dan Hadi.

Ketika dikonfirmasi saat pembinaan, Ahmad
Syukri selaku Koordinator Akstrakurikuler Sains sekaligus guru pembina Mapel matematika menyatakan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan kepala madrasah, seluruh guru pembimbing yang selalu antusias dan disamping itu adalah keuletan peserta didik dalam mengikuti pembinaan.

“Kami hanya sebagai fasilitator, motivator dan senantiasa mendampingi saat pembimbingan, semoga usaha dan belajar anak-anak kami dapat memperoleh hasil yg memuaskan”, tambah Ernitha Thamrin, wakil kepala bidang Kesiswaan, saat dikonfirmasi.

Sementara itu guru pembina lainnya, Mapel Ekonomi, Zulva Hayati menyatakan bahwa pembinaan ini dalam rangka ikhtiar untuk memberikan pengalaman terbaik bagi peserta didik sehingga nantinya mereka akan menjadi kompetitor yg tangguh dalam setiap kegiatan lomba.

Ditempat yang berbeda Irsyad selaku kepala Madrasah mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada para guru pembina dan peserta didik atas bimbingan dan pembinaan serta keuletan belajar peserta didik yang pantang menyerah dan tak pernah putus asa. Semoga memperoleh hasil yang maksimal di ajang OSN yang sedang berlangsung dari 22 – 25 Agustus 2022, juga tetap semangat mengikuti persiapan KSM dari tanggal 27 Agustus 2022, sampai hari kompetisi KSM 10 September 2022. Lebih lanjut Irsyad berpesan kepada peserta didik yang sedang dan akan berjuang, “perbanyak ibadah, tetap giat berlajar dan jangan lupa jaga kesehatan”. ( ATh/Syafrial)

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKajari Sijunjung Pindah, Bupati dan Wakil Hadiri Acara Perpisahan
Artikulli tjetërOperasi Lancar, Jarum Berhasil Dikeluarkan dari Tenggorokan Siswi MTsS PSA Sulit Air