189 Jamaah Calon Haji Kab. Solok Mulai Ikuti Manasik

189 Jamaah Calon Haji Kab. Solok Mulai Ikuti Manasik
189 Jamaah Calon Haji Kabupaten Solok ikuti pembukaan manasik haji 2020 / 1441 H.
Koto Baru, SuhaNews. Sebanyak 189 Jamaah Calon Haji Kabupaten Solok mengikuti pembukaan Manasik Haji 2020 di aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kab. Solok, Kamis (16/1).

Acara dibuka oleh Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Mulyadi Marcos. Selain para pejabat Kantor Kemenag Kab. Solok, Kepala SKPD terkait keberangkatan jamaah haji dan turut hadir dalam acara ini pimpinan bank penerima setoran BPIH. Serta pimpinan KBIH di Kab. Solok.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar dalam laporannya menyampaikan bahwa tahun 2020 atau 1441 H ini jumlah jamaah calon haji Kab. Solok sebanyak 189 orang. Jumlah ini bisa bertambah jika nantinya ada kuota tambahan.

Disampaikan uga oleh H. Alizar bahwa 189Jamaah Calon Haji ini sebelumnya telah melakukan penyelesaian dokumen dan sekarang tengah menyelesaikan pengurusan pasport.

Untuk pembinaan sendiri, selain manasik yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama, para Jamaah Calon Haji juga dapat menambah ilmu dan melatih diri melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Kemudian jamaah juga akan mengikuti Istitha’ah kesehatan sebelum melakukan penulasan BPIH. Tes kebugaran calon jamaah haji sendiri akan dilaksanakan sebanyak dua kali oleh Dinas Kesehatan nantinya. Untuk besarnya BPIH masih menunggu Peraturan Presiden.

H.Mulyadi Marcos, SE, MM yang mewakili Bupati Solok mengawali sambutannya dengan permonhonan maaf dari Bupati dan Wakil Bupati karena tidak bisa hadir. Disebabkan Bupati Solok H. Gusmal tengah melaksanakan Umrah sedangkan Wabup H. Yulfadri Nurdin ada tugas lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Tak lupa pula ucapan selamat untuk para Jamaah Calon Hajiyang telah diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah Haji tahun ini. Untuk itu diminta untuk menjaga kesehatan agar dapat berangkat dengan fisik yang sehat.

BACA JUGA  Bupati Pesisir Selatan akan Meresmikan Kantor Perpustakaan Umum Daerah

Disampaikan pula agar jamah calon haji untuk mengikuti manasik dengan baik, sebagai bekal beibadah ditanah suci nanti.

Diakhir sambutannya H. Mulyadi Marcos menagjak jamaah untuk selalu menjaga kekompakan, mulai dari rombongan, regu dan kloter. Serta saling membantu sesama jamaah.

Usai Dibuka oleh Bupati Solok, para Jamaah Calon Haji Kabupaten Solok ini akan mengikuti manasik yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama sebanyak 10 kali. 8 kali diantaranya tingkat kecamatan dan 2 kali tingkat kabupaten. Moentjak

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPengukuhan Pengurus PWI Kota Solok, Wanedi Saman Kembali Jadi Ketua
Artikel berikutnyaPolres Solok Kembali Tangkap Pelaku Narkoba