3 Pejabat Tinggi Daerah Hadiri Pengukuhan APRI Kab.Pasaman

3 Pejabat Tinggi Daerah Hadiri Pengukuhan APRI Kab.Pasaman
Pasaman, SuhaNews. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Urais Edison kagum dan mengapresiasi acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Pasaman periode 2021-2025 Selasa (21/9).
Alasannya, dari 15 Kabupaten dan Kota yang telah mengukuhkan pengurus APRI baru di Pasaman lengkap dihadiri pejabat tinggi daerah. Tampak hadir bersama Bupati Pasaman Benny Utama, Wakil Bupati Sabar.AS, Sekretaris Daerah Mara Ondak juga Ketua Pengadilan Agama Lubuk Sikaping Ahmad Syafruddin.

Kekagumannya tidak hanya berhenti disitu saja, juga dari pengamatannya dalam acara pengukuhan yang dilangsungkan di aula Kantor Bupati Pasaman itu dihadiri oleh pejabat-pejabat lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, mulai dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha, seluruh Kepala seksi, Penyelenggara dan Kepala Madrasah Negeri.

“Ini patut kita bersyukur dan apresiasi, kami menilai Bapak Gusman Piliang sukses memanej kebersamaan di lingkup instansinya, terbukti pada acara penghulu ini biasanya hanya hadir Kasi Bimas dan penghulu, namun di Pasaman semua unsur pimpinan hadir semua, luar biasa”,akui Edison.

Dalam momen itu, Edison menyampaikan pesan-pesan Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Syamsuir terhadap pengurus APRI Kabupaten Pasaman. Sesuai amanah regulasi Permenpan RB nomor 9 tahun 2019 punya peranan penting selain melaksanakan tusinya dalam bidang nikah dan rujuk juga bimbingan masyarakat Islam.

Edison juga mengapresiasi atas perhatian Pemerintah Daerah Pasaman yang dipimpin Bupati Benny Utama dan Sabar.AS dalam membangun daerah melalui bidang keagamaan dengan bersinergi menggandeng mesra Kemenag Pasaman.

Secara bukti nyata dikatakannya, Pemkab telah menghibahkan tanah untuk 6 Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan.
Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Gusman Piliang dengan haru menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemkab atas perhatian dan dukungan dalam membangun kehidupan beragama dan hibah tanah untuk dibangunnya KUA Tigo Nagari, Simpang Alahan Mati, Dua Koto, Rao Selatan, Rao Utara dan Mapat Tunggul.

BACA JUGA  Semata, Hendri Septa Ajak Sikembar Zahwa dan dan Zahra Berbuka di Rumah Dinasnya

Tidak itu saja, menurut Gusman Pemkab juga menghibahkan tanah untuk gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Pasaman. Di lain itu perhatiannya terhadap dunia pendidikan madrasah dan pondok pesantren.

Dari itu, Gusman mengatakan sebagai bentuk penghargaan Kemenag Pasaman kepada Bupati dan Wakil Bupati hanya bisa memberikan piagam bertintakan emas.

Sementara Benny Utama dalam sambutannya berterima kasih juga kepada Kepala Kankemenag Pasaman yang telah bersinergi dalam mewujudkan visi Pemkab yakni masyarakat yang lebih baik dan bermartabat melalui program-program keagamaan Kemenag.
Dihadapan Kabid Urais serta Kepala KUA dan Penghulu se Pasaman, Benny Utama siap memberikan dukungan kepada jajaran Kemenag dalam mejalankan program-program kerja keagamaan. Termasuk menjanjikan akan diberikannya sarana prasarana berupa kendaraan dinas roda dua.

“Kita akan rencanakan dan persiapkan anggaran untuk kendaraan dinas Kepala KUA kecamatan sebagai sarana operasional untuk bisa menjangkau desa-desa yang terpencil”,tuangnya.
Disamping itu harapannya terbentuknya wadah APRI, bisa lebih mendukung program-program pemerintahan daerah untuk mewujdukan masyarakat yang beriman dan beragama. Karena baginya agama dan keimanan sangat penting dikuatkan untuk memajukan daerah ini.

Hematnya, penghulu tidak hanya menjalankan tugasnya di bidang pernikahan dan rujuk saja namun lebih dari itu. Mereka turut berperan memberikan bimbingan-bimbingan syariat Islam kepada masyarakat.

Secara resmi Pengurus APRI Pasaman dilantik dan dikukuhkan oleh kepala Kankemenag Pasaman. Dimana sebagai Ketua dipercaya kepada Muksinin Kepal KUA Kecamatan Lubuk Sikaping, Sekretaris Mar Sende Penghulu KUA Kecamatan Panti dan Bendahara Desfianto Kepala KUA Kecamatan Rao.

Amanat Gusman, APRI dibentuk memenuhi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 Tahun 2017 yang telah diubah dengan PP nomor 17 Tahun 2020 tentang manajemen PNS.

BACA JUGA  H.Naharudin Apresiasi Pelaksanaan KSM di 50 Kota

Lanjutnya, setiap penghulu harus mengetahui tujuan lahirnya APRI yaitu membina dan mengembangkan potensi dan kompetensi profesi kepenghuluan secara profesional, menguasai khowledge dan mempunyai skill serta membina dan mengembangkan moralitas.

Di acara pengukuhan APRI, juga Kabid Urais menyerahkan bantuan sarpras untuk Kemenag Pasaman berupa 1 unit laptop dan printer yang dipergunakan untuk kepentingan pelaksanaan program kerja pada seksi Bimas Islam dan KUA kecamatan.
Juga dilakukan penandatangan berita acara hibah tanah untuk 6 KUA kecamatan yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah dan Kepala Kankemenag disaksikan oleh Kabid Urais, Bupati, Wakil Bupati dan Ketua PA Lubuk Sikaping . Yusuf | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKinerja Kepala SMPN 3 Bukit Sundi Dinilai Tim PPKKS
Artikel berikutnyaLestarikan Ikan Gariang, Wawako Solok Lepaskan Binit di Batang Gawan