APRI 50 Kota Dikukuhkan Kakan Kemenag, Wabup Titip Harapan

APRI 50 Kota Dikukuhkan Kakan Kemenag, Wabup Titip Harapan
Sarilamak, SuhaNews. Wakil Bupati (Wabup) Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri menghadiri pengukuhan pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Kabupaten Lima Puluh Kota masa bakti 2021-2025 oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota H. Naharudin, Kamis (26/8) di Aula kantor setempat.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag menyampaikan selamat kepada pengurus yang telah dikukuhkan. “Selamat kepada pengurus APRI Cabang Kabupaten Lima puluh Kota, semoga saudara yang diamanahi, bisa membawa perubahan pada Kantor Kemenag Kab. Lima Puluh Kota ke arah yang lebih baik,”

Kakan Kemenag menyebut, APRI merupakan wadah bagi penghulu untuk berinovasi. Hal ini tentu sejalan dengan pengaplikasian dari Lima Nilai Budaya Kerja Kementrian Agama.

“Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama harus menjada dasar bagi Aaratur Sipil Negara dalam beraktifitas. Selain itu, para penghulu juga bisa menjadikan APRI sebagai sarana peningkatan Kompetensi. Saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam organisasi ini akan menajadikan penghulu di masing-maisng kecamatan lebih memahami tupoksi dan saling melengkapi,” jelasnya

Menutup sambutannaya, Naharudin menegaskan bahwa revitalisasi tupoksi penghulu sudah berkembang. Penghulu tugasnya bukan hanya menikahkan calon pengantin, tapi juga menangkal isu-isu negatif tentang Kementerian Agama, memikirkan kemashlahatan ummat dan menjadi Kantor Urusan Agama Kecamatan sebagai rumah moderasi Bergama di kecamatan.

Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri, yang turut memberikan sambutan, menumpangkan harapan kepada pengurus APRI dan Kemenag

“Maraknya nikah liar di Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi salah satu tanggung jawab pengurus APRI. Nikah liar yang banyak terjadi saat ini akan menjadi suatu penyakit yang berkepanjangan di tengah masyarakat. Prosesi ini akan terus berlanjut jika tidak diatasi,” ujar Wabup.

BACA JUGA  Perpanjangan Kontrak THL, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok Gelar Apel Gabungan

Disampaikannya, ini menjadi salah satu tanggung jawab APRI dalam mengentaskannya. Memang ini bukan persoalan yang gampang. Namun dengan adanya APRI yang solid, Insya Allah masalah ini dapat diatasi. Tentu saja ini akan membantu kerja Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Wabub menyebut, Nikah liar yang terjadi akan membawa dapak buruk bagi keluarga tersebut, sehingga slogan keluarga SAMARA akan hanya tinggal slogan, jika tidak segera dituntaskan. Hak perwalian dan hak waris akan menjadi salah satu masalah yang akan timbul.

“Maka kami, mewakili Pemerintah daerah menompangkan harapan kepada APRI Cabang Lima Puluh Kota. Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah harus terus bersinerji untuk Kabupaten Lima Puluh Kota yang lebih baik,” tutup Wakil Bupati.

Data dari Seksi Bimas Islam menyebutkan, ada 24 orang penghulu KUA Kecamatan yang dikukuhkan sebagai pengurus APRI Cabang Lima Puluh Kota. Berasal dari 13 Kecamatan yang ada. Akmal Husni, S. Ag, Penghulu KUA Kecamatan Guguak, didaulat sebagai Ketua APRI Cabang Kabupaten Lima Puluh Kota periode 2021-2015. Selamat kepada pengurus terpilih. Semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik. Nina|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaMAN 1 Solok Dinilai Tim PKKM Kanwil Kemenag Sumbar
Artikel berikutnyaCovid-19 Kabupaten Solok Melandai, 60 Sembuh, 11 Terkonfirmasi