30 Catin Ikuti Binwin oleh Kakan Kemenag Padang Panjang

30 Catin Ikuti Binwin oleh Kakan Kemenag Padang Panjang
Padang Panjang, SuhaNews._Kakan kemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Hotel Muhammadiyah A. Muin Saidi Kota Padang Panjang, Senin (13/09/2021)

Dalam penyampaian materinya dihadapan peserta Bimwin Catin, Kakankemenag mengatakan bahwa, “Akad Nikah itu Sunnah Rasul,” ujarnya.

“Kita di Ranah Minang dikatakan bahwa “kacang lah patuik bajunjuangan” maksudnya adalah perempuan sudah patut punya suami,” tambahnya.

Dalam Al-Qur’an dikatakan bahwa “istri adalah pakaian bagi suami, begitupun suami adalah pakaian bagi istri,” tukasnya.

Ada Empat hal untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah, yakni Saling Mengenal; Ikhlas Menerima Kelebihan dan Kekurangan Pasangan; Saling Memahami pasangan atau berusaha menyesuaikan diri; dan Saling bekerja sama, tolong-menolong, dan saling melengkapi,”

“Jadilah seperti dua tangan yang saling tolong menolong dan jangan jadi dua mata yang satu tertutup dan satunya lagi terbuka,” ulas Buya H. Alizar.

Demikian pemaparan materi Kakankemenag dihadapan peserta kegiatan Bimwin Catin hari pertama dan akan dilanjutkan dengan pemateri berikutnya oleh Narasumber/ Fasilitator lainnya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Padang Panjang Barat H. Masjidi dalam laporannya menyampaikan bahwa “Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Selasa 13, 14 September 2021 dengan peserta sebanyak 30 pasang calon pengantin, 15 pasang hari pertama dan 15 pasang hari kedua dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan,” ujarnya.

Adapun Narasumber / Fasilitator beserta materinya dalam kegiatan Bimwin Catin ini adalah Mempersiapkan Keluarga Sakinah oleh Drs. H. Alizar, M. Ag. Kemudian Mengelola Psikologi dan Dinamika Keluarga oleh Jupagni, M. Ag, Penghulu KUA Kecamatan Padang Panjang Barat. Memenuhi Kebutuhan dan Mengelola Keuangan Keluarga, oleh Ermasni, S. Ag, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Padang Panjang Barat.

BACA JUGA  Kemenag Pasaman Sosialisasikan Hari Santri dan Perpres 82 2021

Menjaga Kesehatan Reproduksi, oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas Kebun Sikolos, dr. Yeni Asril dan Mempersiapkan Generasi Berkualitas, oleh Penyuluh KB Kecamatan Padang Panjang Barat, Yulveranita, A. Md.Keb.

Turut menghadiri kegiatan ini Kasi Bimas Islam H. Syaiful Arifin beserta JFU dan JFT Seksi Bimas Islam dan KUA Padang Panjang Barat. Adi | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaAdakan Persami, Satprakoja Kenalkan Pentingnya Sholat Tahajjud
Artikel berikutnyaBank Nagari Luncurkan Kredit ‘MARANDANG’ di Sawahlunto