30 Guru Madrasah Ikuti PDWK di Kemenag Padang Panjang

30 Guru Madrasah Ikuti PDWK di Kemenag Padang Panjang
Padang Panjang, SuhaNews – 30 guru madrasah dilingkup Kantor Kemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang, mulai Senin (7/2) hingga 12 Februari 2022 mendatang.

Kakan Kemenag Kota Padang Panjang H. Alizar, M.Ag membuka langsung kegiatan ini, Senin (7/2) di aula kantor tersebut.

Panitia Pelaksana Kegiatan Khurnia Eva Nilasari dalam laporannya menyampaikan bahwa, “tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi teknis guru madrasah dengan jumlah peserta 30 orang dengan total 60 Jam Pelajaran (JPL),” ujarnya.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini semoga terwujud Madrasah Hebat Bermartabat Berkelas Dunia, Mandiri dan Berwibawa” ulasnya.

Sementara itu Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H Alizar Datuak Sindo Nan Tongga mengucapkan terimakasih kepada Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang yang telah mengadakan kegiatan ini di Kankemenag Kota Padang Panjang.

“Saat ini informasi cepat berubah dan itu menuntut kita semua untuk mengetahuinya (update), tak terkecuali guru Madrasah,” ujarnya.

“Karena siswa Madrasah saat ini (zaman now) tidak sama dengan siswa Madrasah zaman dulu (zaman old), maka guru Madrasah dituntut untuk cepat bertransformasi melayani peserta didik,” tuturnya.

“Jadilah Pendidik Zaman Now seperti motto Semen Padang, Kami telah berbuat sebelum yang lain memikirkan. Itu semua telah ada pada Al-Qur’an, tinggal kita mau mentadaburinya,” tukasnya.

Adapun materi beserta Narasumber dalam PDWK Pelatihan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran ini adalah sebagai berikut : Pertama, Nilai-Nilai Dasar SDM Kemeneterian Agama oleh Dr. H. Muharam, MA, Ph.D yang merupakan Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI dari Jakarta; Kedua, Konsep dan Model Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran oleh Dr. Khurnia Eva Nilasari dari BDK Padang;

BACA JUGA  Masyarakat Siguntur Muda Olah Daun Gambir Menjadi Bahan Makanan

Ketiga, Penyusunan RPP Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran oleh Dr. Agusrida, M.Pd dari BDK Padang; Keempat, Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kemenag oleh Drs. H. Khoirul Amani, MA yang merupakan Kepala BDK Padang; Kelima, Moderasi Beragama dan Pembangunan Nasional oleh Drs. H. Alizar, M. Ag (Kakankemenag Kota Padang Panjang); dan terakhri Evaluasi Program oleh Mita Fauzana, M.Pd dari Panitia Pelaksana BDK Padang.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Membatasi Mobilas dan Interaksi dan Do’a) baik untuk peserta maupun Narasumbar.

Selain dihadiri peserta diklat, turut menghadiri kegiatan pembukaan ini seluruh Pejabat, JFT dan JFU Kankemenag Kota Padang Panjang. Adi|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKemenag Kembali Atur Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan untuk Cegah Lonjakan Omicron,
Artikulli tjetërSelamatkan Danau Singkarak, Bupati Solok Patuhi Komitmen