307 Toko di Kota Pariaman Sudah Menggunakan Pembayaran Non Tunai

kota
Transaksi non tunai di Kota Pariaman
Pariaman, SuhaNews – Kota Pariaman kian berkembang. Sebagai daerah tujuan wisata, kota ini memanfaatkan teknologi informasi dalam pembayaran, salah satunya menggunakan pembayaran non tunai di pusat pertokoan. 

“Pembayaran non tunai di toko-toko di Kota Pariaman kini dilengkapi dengan barcode QRIS dari Bank Nagari,” ujar Pimpinan Cabang Bank Nagari Pariaman, Ibnu Supriadi, Kamis 18 Februari 2021.

Hingga akhir 2020 sudah ada 307 merchant atau toko yang sudah pakai QRIS. Di sini bisa diakukan transaksi jual beli melalui pembayaran non tunai.

“Jumlah transaksi sejak QRIS diluncurkan pada Mei 2020 hingga akhir 2020 mencapai 2.049 dengan nominal uang mencapai Rp295 juta,” katanya,

Bank Nagari menargetkan hingga akhir 2021 jumlah toko atau tempat yang terdapat barcode QRIS menjadi 800 unit untuk mempermudah transaksi digital di daerah itu.

“Tantangan terbesar dalam merealisasikan hal terkait dengan sosialisasi dan edukasi penggunaan QRIS kepada masyarakat. Kalau pedagang di pasar bisalah, tapi yang sulit itu mengedukasi warga yang di rumah,” imbuhnya.

Guna mengatasi hal tersebut, pihaknya mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai wadah untuk sosialisasi sehingga warga dapat dengan mudah memahami manfaat dan cara penggunaan barcode QRIS.

“QRIS tersebut tidak saja dapat digunakan untuk transaksi pembayaran non tunai namun juga untuk sedekah, infak, dan zakat,” tambah Ibnu Supriadi. (*/Wewe)

Baca juga:

Facebook Comments

BACA JUGA  Bank Nagari Cabang Solok Segera Salurkan Kredit Citra
loading...