Salurkan Bakat Siswa, MTsN Kota Solok Gelar Workshop Robotik

Solok, SuhaNews – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Solok menggelar workshop robotik, Sabtu (24/6) dalam rangka pengembangan bakat dan kreativitas siswa di bidang teknologi robotik. 

Workshop yang diikuti oleh 16 orang siswa terpilih ini akan dibekali oleh instruktur dari tim Robotic Minangkabau MAN 1 Bukittinggi. Instruktur memberikan materi tentang pembuatan robot sumo dan running text.

Baca juga: KOSSMI, Dua Tim Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi Wakili Sumbar ke Nasional

Program workshop robotik madrasah merupakan salah satu program kerja dan ikhtiar Kanwil Kemenag bersama tim pengembangan robotik madrasah provinsi dalam upaya pengenalan dan penguatan madrasah dalam ilmu robotika serta dekat dengan sains dan teknologi.

Kepala MTsN Kota Solok, Dra. Ifa Yetriani menyampaikan bahwa siswi dilatih mengembangkan ilmu dan minat siswa supaya lebih kreatif dan inovatif.

Keguatan ini mengangkat tema merasakan keagungan dan kebesaran Allah SWT dengan teknologi.

“Belajarlah sungguh-sungguh dan kembangkanlah dengan baik ilmu yang telah didapat dari narasumber, sebab dari 16 orang siswa yang ikut worshop ini akan dipilih dua orang untuk diutus ke tingkat provinsi untuk mengikuti ajang robotik tingkat pelajar,” ujar Ifa Yetriani.

Robot Sumo adalah salah satu jenis robot mobile yang berbasis mikrokontroler, dimana robot ini diciptakan sebagai hiburan dan digunakan untuk kempetisi olahraga yang diaplikasikan terhadap mesin.

Pertandingan robot sumo terdapat dua robot di dalam satu ring yang dinamakan dengan dohyo. Aturan dalam pertandingan robot sumo adalah robot harus mendorong lawan hingga keluar arena berupa lingkaran garis batas. Apabila robot sumo tersebut berhasil mendorong lawannya keluar arena, maka robot tersebut dinyatakan memenangkan pertandingan

Peserta workshop berjumlah 16 orang siswa, yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri, didampingi tiga orang guru. Kegiatan. Hel/We

BACA JUGA  MAN 1 Bukittinggi Tuan Rumah Workshop Mandiri Robot Mobile Sumo IOT Madrasah tingkat

Baca juga: Hebat, Tim Robotik MAN 1 Solok PK Raih Juara Tingkat Nasional

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -