Bupati Sijunjung Berkaul Adat di Nagari Lubuak Tarok

Sijunjung, SuhaNews – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menghadiri acara berkaul adat di Korong Tingga, Jorong Jampu Lipo, Nagari Lubuak Tarok.  Senin, 25 September 2023. 

Dalam kegiatan ini Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, juga didampingi oleh Plt Sekretaris Daerah Sijunjung Khamsiardi, Kepala OPD, Camat Lubuak Tarok, Wali Nagari se Kecamatan Lubuak Tarok, KAN, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan masyarakat Nagari Lubuak Tarok.

Baca juga: Pertahankan Tradisi, Masyarakat Nagari Latang, Lubuk Tarok Berkaul Adat

Lubuak Tarok salah satu nagari di Kabupaten Sijunjung yang masih mempertahankan tradisi dan budaya yang dimiliki, seperti mengadakan acara Berkaul Adat ini.

“Pemerintah Daerah mengapreasi dan bangga dengan acara berkaul adat ini,” ujar Bupati Benny Dwifa.

Keragaman budaya adalah sebuah anugrah, Kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Sijunjung memang pantas dilestarikaan. Apalagi dalam mendukung Geopark Ranah Minang Silokek Menuju Unesco Global Geopark.

“Pemkab Sijunjung akan berupaya memenuhi program pembangunan di Nagari Lubuak Tarok Secara Bertahap,” tambah Benny Dwifa Yuswir.

Benny Dwifa Yuswir menyampaikan ucapan terima kasih  kepada masyarakat Lubuak Tarok atas dukungan terhadap pembangunan yang ada di Sijunjung Ranah Lansek Manih yang Kita Cintai ini.

“Berkaul adat ini adalah wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas hasil panen yang telah diberikan kepada kita, baik hasil panen padi maupun hasil lainnya,” ujar salah seorang Ninik Mamak, Dt. Bandari Sati.

Tradisi Berkaul adat, jelasnya,  sesusai panen padi setiap tahunnya, adalah salah satu pusako yang diwarisi secara turun temurun. Kegiatan ini terselenggara berkat iuran dari hasil panen anak cucu kemanakan yang ada di Kenagarian Lubuak Tarok. Ven/We

BACA JUGA  Eka Putra; Pensiunan Bukan Hambatan untuk Membangun Luhak Nan Tuo

Baca juga: Bupati Sijunjung Hadiri Berkaul Adat Nagari Sungai Lansek

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -