Peringati World Rabies Day, Kota Solok Gelar Vaksinasi Rabies Massal

Solok, SuhaNews  – Dalam rangka memperingati World Rabies Day (WRD) Tahun 2023, Dinas Pertanian Kota Solok melaksanakan Vaksinasi Rabies Massal, Sabtu, (07/10) di kawasan gedung SKB Kota Solok.

“World Rabies Day merupakan hari yang diperingati untuk mengingatkan bahaya penyakit rabies, yang diperingati pada 28 September setiap tahunnya,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli.

Baca juga: Jelang Keberangkatan, Jamaah Haji Kabupaten Solok Diberi Vaksin Maningitis

Pada tahun 2023, jelas Zulkifli, Kementerian Pertanian RI melalui Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan menargetkan pemecahan rekor MURI jumlah pelayanan KIE, Sterilisasi dan Vaksinasi Anti Rabies dalam satu hari di seluruh Indonesia.

Pada Tahun 2023 ini Peringatan World Rabies Day mengambil Tema All For One, One Health For All (Semua untuk satu, Sehat untuk Semua).

Dengan tema tersebut diharapkan mengingatkan kita pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan kita terutama hewan pembawa atau penular virus rabies seperti anjing, kucing dan kera dengan vaksinasi rutin dan menjaga hewan peliharaan dari hewan penular liar.

Tim yang langsung dikomandoi Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli dan Kepala UPTD Puskeswan, Denny Susanti terjun bersama petugas medik veteriner dan petugas lainnya menemui masyarakat yang mempunyai kucing, anjing dan kera di sekitar Gedung SKB Kota Solok.

Pelayanan vaksinasi, sterilisasi dan KIE pada kegiatan peringatan WRD ini dilakukan secara gratis dengan target yang ditetapkan minimal 50 ekor hewan. Pelayanan dilakukan secara terpusat dan berjalan door to door ke rumah masyarakat.

“Masyarakat yang mempunyai hewan kesayangan berupa anjing, kucing atau kera diharapkan secara rutin memvaksinasi kepada petugas yang datang sesuai jadwal atau datang langsung ke Puskeswan Kota Solok,” ajak Kadis Zulkifli.

BACA JUGA  Zulkifli; Arab Saudi Hapuskan Prokes, Pelaksanaan Haji dan Umrah Tunggu Keputusan Pemerintah

Dalam kegiatan ini, tim berhasil melakukan vaksin Hewan Pembawa Rabies (HPR) sebanyak 90 ekor yang terdiri dari 89 ekor kucing dan 1 ekor anjing dari pukul 08.00 Wib hingga pukul 11.30 Wib.

Hasil kegiatan ini langsung dilaporkan secara online melalui Isikhnas (Sistem informasi kesehatan hewan indonesia) yaitu aplikasi pelaporan informasi kesehatan hewan secara terpadu untuk seluruh Indonesia. Faip/Wewe

Baca juga: Wujudkan Herd Immunity, Puskesmas Padang Sibusuk Lakukan Vaksinasi Booster

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -