Bupati Epyardi Asda Resmikan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Solok

Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo dan Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi resmikan Gedung UPT Dinas Kesehatan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Solok, Rabu, 10 Desember 2023.

Peresmian ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Kepala Balai Besar Obat Padang, Kepala Labkesda Prov. Sumatera Barat, Staf Ahli Bupati, Asisten I  Drs. Syahrial, MM., Kepala Dinas Kesehatan Kab. Solok  Zulhendri, SKM, M.Kes.,  Kepala OPD, Kepala BPJS Solok.

Baca juga: Gubernur Mahyeldi Hadiri Peresmian Rajo Labiah Kejati Sumbar

Juga hadir Para Direktur Rumah Sakit Mitra Labkesda Kab. Solok, Kepala BUMN dan BUMD, Kepala Labkesda Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, Camat, Kepala Puskesmas, Wali Nagari dan Ketua Organisasi Kesehatan se-Kabupaten Solok.

Kepala Dinas Kesehatan Zulhendri mengatakan bahwa Labkesda dapat melakukan 2 jenis pemeriksaan besar, yakni Laboratorium Klinik yang bisa memeriksa fungsi hati, fungsi ginjal, karbohidrat, steorologi, imunologi, dan dermatologi kemudian unit analisis feses dan pemeriksaan narkoba. Kedua Laboratorium Kesehatan seperti pemeriksaan kualitas air minum, pemeriksaan air sanitasi dan juga pemeriksaan depot air minum.

“Dalam operasional pelaksanaan laboratorium ini ditunjang oleh satu orang dokter spesialis Patologi klinik ditambah dengan tenaga analisis kesehatan, analisis kimia, analisis farmasi dan makanan serta perawat dan sarjana kesehatan masyarakat yang berfungsi menunjang pelaksanaan kegiatan laboratorium,” ujar Zulhendri.

Status Laboratorium ini, tambah Zulhendri, merupakan Laboratorium Pratama namun kemampuan fungsi dan kinerja dari laboratorium ini sudah bisa dibilang Utama.

“Laboratorium ini telah mampu mendeteksi dini penyakit yang ada di masyarakat serta minimal sekali 6 bulan kita akan melakukan pengujian untuk seluruh depot air minum di Labkesda Kab. Solok ini,” tambah Zulhendri.

BACA JUGA  MAN 2 Bukittinggi Juara Turnamen Futsal se Sumatera

Bupati Solok Epyardi Asda menyampaikan rasa bangga dan senangnya dengan adanya Labkesda di Kabupaten Solok sehingga ini bisa memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat di bidang kesehatan.

“Labkesda di Kabupaten Solok akan memudahkan masyarakat memeriksakan kesehatan,” ujar Epyardi Asda.

Bupati Epyardi Asda Resmikan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Solok 1Pemeriksaan kesehatan di Labkesda bagi yang memiliki BPJS Kesehatan, jelas Epyardi Asda, tidak akan dikenakan biaya sedikitpun.

Usai meresmikan Labkesda Kabupaten Solok ini, Bupati meneri Surat Izin Operasional dari Kepala Labkesda Provinsi Sumatera Barat, selanjutnya diserahkan kepada Kepala Labkesda Kabupaten Solok disaksikan Kepala Dinas Kesehatan.

Pada kesempatan ini Bupati Solok juga menyerahkan Penghargaan Menpan-RB terhadap penyelenggaraan pelayanan publik Kategori Sangat Baik kepada RSUD Arosuka dan Dinas Sosial Kabupaten Solok.

Kegiata ini diakhiri degnan Penandatanganan Prasasti Peresmian Labkesda Kabupaten Solok oleh Bupati Epyardi Asda dan pelepasan balon bersama Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi. Wewe

Baca juga: Jelang Peresmian Oleh Presiden Jokowi Hendri Septa Meninjau Persiapan Pembangunan Pasar Raya Fase VII

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -