Jalan Lintas Sumatera Terban di Silungkang, Lalu Lintas Buka Tutup

SuhaNews – Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Solok – Sawahlunto – Sijunjung mengalami longsor / badan jalan terban di kawasan desa Silungkang Oso nagari Silungkang kota Sawahlunto, Sabtu (30/12). sumatera sumatera

Jalan terban ke sungai ini berada sekitar 500 meter menjelang Pasar Silungkang dari arah Solok. Amblasnya sebagian badan jalan ini terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan arus sungai yang berada disisi jalan juga meningkat.

Fery (40) pemuda nagari Silungkang yang dikonfirmasi SuhaNews menyebutkan selain badan jalan amblas, separoh dari lebar jalan nasional ini masih berpotensi amblas, karena tebing yang menahannya telah longsor, sementara arus sungai masih deras.

Disebutkan juga, pasca kejadian ini pemuda sekitar berinisiatif mengatur lalu lintas dengan sistim buka tutup, karena hanya satu lajur jalan Lintas Sumatera yang bisa dilalui oleh kendaraan.

“Tadi pagi Kapolsek Silungkang bersama Kapolres Sawahlunto Kota telah datang ke lokasi dan melihat kondisi di lapangan. Termsuk trotoar yang posisinya tergantung pasca kejadian.,” ulas Fery

Pasca kejadian sekitar lokasi juga dipasang garis kuning untuk mengingat pengendara untuk tidak terlalu dekat melintas karena beresiko.

Jalan Lintas Sumatera Terban di Silungkang, Lalu Lintas Buka Tutup 1
Jalan Lintas Sumatera terban di desa Silungkang Oso kota Sawahlunto, Sabtu (30/12). Foto : Al Ikrom

Selain di Silungkang, beberapa bekas longsor juga terlihat di kawasan Batang Pamo dan Pianggu nagari Sungai Lasi Kabupaten Solok. Selama curah hujan, sepanjang jalur ini termasuk rawan longsor karena berada di tebing perbukitan.

PAsca kejadian ini, arus lalu lintas menjadi tersendat, buka tutup yang diberlakukan membuat antrian kendaraan dari kedua arah mengular. Moentjak

Berita Terkait :

BACA JUGA  Gubernur Mahyeldi Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Jalan Penghubung Akabiluru - Tilatang Kamang

 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -