Dinas DKUKMPP Kab Solok Gelar Pelatihan Olahan Makanan bagi Pelaku UKM

Singkarak, SuhaNews – Dinas DKUKMPP Kabupaten Solok menggelar pelatihan olahan makanan bagi pelaku UKM Se-Kabupaten Solok Tahun 2024, Jumat, 12 Juli 2024 di Dermaga Singkarak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kab. Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, Kepala Dinas DKUKMPP, Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si., Kepala OPD, Camat X Koto Singkarak, Chrismon Darma, Wali Nagari Singkarak, Rahman dan Narasumber Chef Hotel Axana Padang, Amin.

Baca juga: Pelaku UMKM Kota Pariaman Ikuti Pelatihan Diversifikasi Makanan Olahan

Kepala DKUKMPP Ahpi Gusta Tusri mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program  untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku UKM di Kabupaten Solok.

“Pelatihan olahan makanan ini bertujuan juga untuk menambah daya jual dan daya saing di tengah masyarakat,” ujar Ahpi Gusta Tusri.

Narasumber pada pelatihan ini, jelas Ahpi Gusta Tusri, yakni Ketua Dekranasda Kab.Solok, Kepala Dinas DKUKMPP, Tenaga Ahli Desain Kemasan, dan chef hotel Axana Padang.

“Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang  peserta, yang merupakan pelaku UKM,” tambah Ahpi Gusta Tusri.

Ketua Dekranasda, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda mengatakan jika kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok, hal ini berkaitan dengan visi misi Kab.Solok yakni Mambangkik Batang Tarandam.

“Kreativitas merupakan nilai tambah dalam meningkatkan nilai jual produk olahan makanan,” jelas Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Sekarang ini, tambah Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda,  estetika sangat diperlukan dalam pengolahan dan pengemasan makanan, karena dapat menggugah selera ketika melihatnya.

Dinas DKUKMPP Kab Solok Gelar Pelatihan Olahan Makanan bagi Pelaku UKM 1“Standarisasi usaha kuliner sangat diperlukan untuk perkembangan UKM ke depan. Karena makanan yang enak dan sehat akan membuat UKM masyarakat kita mempunyai nilai jual yang lebih tinggi,” tambah Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

BACA JUGA  Optimalkan Website dan Aplikasi, Pemko Sawahlunto Gelar Bimtek

Selain itu, jelas Ketua Dekranasda,  kegiatan ini juga bisa meningkatkan pengetahuan pelaku UKM tentang resep-resep yang baru, sehingga masyarakat tidak ketinggalan zaman.

“Terima kasih kepada Chef Axana Padang, Amin yang sudah bersedia datang dan memberikan ilmu bagi pelaku usaha kuliner di Kabupaten Solok,” ujar Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda. Wewe

Baca juga: Ketua Umum FORIKAN Bagikan Olahan Perikanan untuk Masyarakat Alahan Panjang

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -