Pembinaan Nagari Bukit Tandang Sebagai Kampung Moderasi Beragama

Bukit Tandang, SuhaNews – Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bid. Pemerintahan, Hukum dan Politik Safrudin, S.Sos, M.Si., didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda lakukan pembinaan Kampung Moderasi Beragama dan Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Hijriyah di Nagari Bukit Tandang, Jumat, 2 Agustus 2024 di Masjid Jabal Nur Nagari Bukit Tandang, Kecamatan Bukit Sundi.

Acara ini dihadiri oleh Kepala OPD, Kabag Kesra Setda Kab. Solok Mardaus, Camat Bukit Sundi Vice Febrianeldi, S.STP, M.Si., Kepala KUA, dan Pj. Walinagari Bukit Tandang, Weltita, S.Pd.

Baca juga: Monev Kampung Moderasi Beragama di Bukit Tandang Dihadiri Bupati Solok

Pj. Walinagari Bukit Tandang, Weltita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah dan TP-PKK yang senantiasa membina masyarakat Nagari Bukit Tandang sebagai Kampung Moderasi Beragama.

“Melalui pembinaan ini, kami harapkan keberlanjutannya demi menjaga kehidupan bermasyarakat yang berbudi pekerti luhur dan senantiasa memegang teguh nilai-nilai keagamaan dan toleransi antara umat beragama,” ujar Weltita.

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda mengatakan bahwa moderasi beragama merupakan program yang digaungkan Kementerian Agama sebagai upaya menciptakan harmonisasi sosial di tengah Kemajemukan Masyarakat Indonesia.

“Dengan dilaksanakannya pembinaan kampung moderasi beragama di Nagari Bukik Tandang diharapkan bisa dijadikan sebagai rol model di Kabupaten Solok mengenai indahnya rasa persatuan dalam perbedaan,” ujar Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Program kampung moderasi beragama, jelasnya, tidak semata-mata hanya untuk meminimalkan perbedaan, namun program ini dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat untuk menerima perbedaan yang ada, sehingga ke depan, tidak hanya program kampung moderasi beragama tetapi Kabupaten Moderasi Beragama.

Pembinaan Nagari Bukit Tandang Sebagai Kampung Moderasi Beragama 1Bupati Solok diwakili Staf Ahli, Safrudin berharap pembinaan kampung moderasi beragama, ini bisa memupuk hubungan silaturahmi antara kita.

BACA JUGA  Pegawai Non PNS MTsN 2 Solok Tekan Kontrak Kerja

“Kampung Moderasi Beragama biasanya diberikan kepada daerah yang heterogen, namun lain halnya di sini, kita mayoritas merupakan umat Islam, untuk itu Moderasi Beragama di Nagari Bukit Tandang merupakan bentuk dan upaya kita dalam menjaga ukhuwah islamiah dan toleransi antara sesama umat beragama,” ujar Safrudin.

Dalam kesempatan ini, Bupati Solok berikan bantuan sebesar Rp10 Juta untuk pembangunan Masjid Jabal Nur Nagari Bukit Tandang. Di samping itujuga digelar wirid pengajian oleh Ust. H. Fuadi Nawawi, MA yang membahas tentang Moderasi Beragama.

Selain memberikan bantuan untuk masjid, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial  berupa selimut kepada lansia dan bantuan nutrisi untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. Wewe

Baca juga: Kemenag Evaluasi Kampung Moderasi Beragama di Hiliran Gumanti

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -