Penguatan Moderasi Beragama, Kemenag Tekan MoU dengan Disdikpora Kabupaten Solok

Penguatan Moderasi Beragama, Kemenag Tekan MoU dengan Disdikpora Kabupaten Solok
Koto Baru, SuhaNews – Dalam rangka penguatan Moderasi Beragama di lingkungan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Solok, Kantor Kemenag menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

Penandatanganan MoU ini berlangsung di aula Hubbul Wathan, Rabu (18/5) antara Kepala Kantor Kemenag H. Zulkifli dengan Kepala Disdikpora Zainal Jusmar. Ikut mendampingi kedua pejabat tersebut, Kasubag TU H. Fuadi Nawawi dan Kasi PAIS H. Yanfarizal serta Kasi Bimas Islam Bustami

Sedangkan dari Disdikpora Kepala Dinas didampingi oleh Kabid SMP Nila Kusumawati, dan disakikan 20 orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bertugas di berbagai SMP di Kabupaten Solok.

Kakan Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya dilakukan penguatan moderasi beragama pada tingkat sekolah adalah salah satu upaya membangun kerukunan sejak dini yang dimotori oleh generasi muda.

“Berkaca pada kondisi yang terjadi, generasi muda sangat mudah terpengaruh oleh paham yang dapat merusak persatuan, dan sebagian besar mereka dapatkan melalui teknologi yang tidak disaring dengan ilmu dan iman. Untuk itulah pentingnya penekanan kita terhadap moderasi beragama ini bagi anak usia sekolah,” jelas Zulkifli.

Disampaikan Zulkifli, bahwa atas dasar itulah pihaknya mengajak tenaga pendidik di sekolah menenagh pertama untuk ikut melakukan penguatan moderasi beragama, terutama melalui guru Pendidikan Agama Islam.

“Kata kuncinya adalah, moderasi bukan agama baru, akan tetapi merupakan sebuah sikap dan memahami dan menerima adanya perbedaan dalam beribadah dengan tidak menjadikan perbedaan pemicu perpecahan bahkan konflik,” ulas Zulkifli.

Penguatan Moderasi Beragama, Kemenag Tekan MoU dengan Disdikpora Kabupaten Solok 1

Sementara itu Kepala Disdikpora Kabupaten Solok, Zainal Jusmar yang turut memberikan sambutan mengucapkan terima kasih atas inisiator Kemenag dalam penguatan moderasi beragama ditingkat sekolah ini.

BACA JUGA  Serahkan SK Kenaikan 7 Pangkat ASN, Kakan Kemenag Kab. Solok Pesankan Kinerja

“Ini merupakan tugas kita bersama, semoga apa yang kita tuangkan dalam kerjasama ini sama-sama kita wujudkan untuk masa depan generasi penerus bangsa ini,” sebutnya.

Menutup sambutannya Zainal Jusmnar mengatakan bahwa jajaran Disdikpora akan mendukung program penguatan moderasi beragama ini yang semoga terwujud sesuai harapan kedua lembaga. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBunda PAUD Agam: Rumah Adalah Sekolah Pertama bagi Anak
Artikulli tjetërBupati Sijunjung Sikapi Turunnya Harga TBS Kelapa Sawit