Pertama di Sumbar, Kabupaten Solok Kukuhkan Pokja Penguatan Moderasi Beragama 2022/2023

Pertama di Sumbar, Kabupaten Solok Kukuhkan Pokja Penguatan Moderasi Beragama
Alahan Panjang, SuhaNews – Kelompok Kerja (Pokja) Program Penguatan Moderasi Beragama Kabupaten Solok, dikukuhkan oleh Kakan Kemenag H. Zulkifli, Kamis (20/1) disaksikan oleh Kakanwil Dr.H.Helmi. Ini menjadi yang pertama di Sumatera Barat.

Kakan Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan Pokja Penguatan Moderasi ini sebagai upaya menyukseskan 7 program strategis Kementerian Agama yang salah satunya, adalah moderasi

“Ini sebagai tindak lanjut mewujudkan 2022 sebagai tahun toleransi kehidupan beragama di Kabupaten Solok,” ujar Zulkifli.

Dijelaskannya, Pokja Moderasi ini nantinya akan bertugas untuk mengkoordinasikan perumusan dan menetapkan pelaksanaan penetapan program penguatan moderasi beragama di Kantor Kemenag Kabupaten Solok. Kemudian, merancang rencana aksi dan tindak lanjut pelaksanaan program pengiuatan moderasi beragama.

Menutup sambuatnnya, Pokja juga bertugas untuk melakukan pengendalian rencana dan aksi, serta evaluasi termasuk membangun koordinasi dengan lembaga pemerintah maupun pihak lainnya terkait dengan moderasi ini.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sumbar, DR.H.Helmi yang memberikan sambutan usai pengukuhan, mengapresiasi langkah Kantor Kemenag Kabupaten Solok dalam menegakan moderasi beragama.

“Saya berharap nantinya Pokja yang dibentuk ini dapat mengantisipasi dan mencegah munculnya permasalahanyang menjadi acaman bagi moderasi beragama. Karena masalahnya bukan cuma gesekan antar umat beragama saja, akan tetapi apabila perbedaan pemahaman dan pengamalan tidak disikapi secara arif bisa juga menimbulkan masalah,” jelas Helmi.

Untuk itu, sebut mantan Kakan Kemenag Kabupaten Solok ini, Pokja perlua menyebarluaskan apa itu moderasi beragama, apa perannya dan sejauhma moderasi ini perlu kita tumbuhkan kembangkan ditengah masyarakat untuk menciptakan kerukunan sebagai salah satu kekuatan pembangunan.

Adapun Pokja Penguatan Program Moderasi Beragama Kabupaten Solok ini, dipimpin oleh H. Fuadi Nawawi yang juga Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten Solok dengan Bustami, S.Ag sebagai wakilnya.

BACA JUGA  Sambut HUT Bhayangkara ke-74, Kapolsek Hiliran Gumanti Berbagi Sembako

Sedangkan sekretarisnya adalah Yulmi Putra, dengan wakilnya Yemi Wahyu Sari. Para pejebat di kantor Kemenag Kabupaten Solok serta dua orang anggota Pokja lainnya. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakJadikan Kabupaten Tanah Datar Madani, Bupati Kunjungi DPR RI
Artikulli tjetërWakil Bupati Tanah Datar Kukuhkan Kepengurusan LPTQ Rambatan