Generasi Muda Minang Junjung Tinggi Moderasi, MTsN 2 Solok Tekankan Kato Nan Ampek

Koto Baru, SuhaNews – Upacara bendera mingguan di MTsN 2 Solok pagi ini, Senin (26/8), berlangsung khidmat dengan pelaksanaan oleh siswa kelas IX. Bertindak sebagai pembina upacara, Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana, Yulil Putra, S.Ag.

Dalam amanatnya, Yulil Putra menekankan pentingnya moderasi dalam perspektif Minangkabau untuk membentuk generasi muda yang berakhlak mulia. Yulil mengajak seluruh siswa untuk mengamalkan “kato nan ampek” sebagai pedoman hidup.

Generasi
Yulil Putra, S.Ag ( Wakil Bidang Prasarana)

“Kato nan ampek” adalah empat prinsip dasar dalam adat Minangkabau yang mencakup: Kata mandaki: Berbicara dengan sopan santun dan tidak keras.

Kata manurun: Berbicara dan bertindak dengan kasih sayang serta penuh pertimbangan. Kata malereng: Memberikan teguran atau sindiran dengan cara yang halus. Dan Kata mandata: Bermusyawarah dengan teman sebaya untuk mencapai mufakat.

Kepala MTsN 2 Solok, Erdinal, S.Ag, menyampaikan harapannya agar generasi muda Minang senantiasa memahami dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya Minangkabau. Humas

Baca Juga : 

Facebook Comments

BACA JUGA  Hari Terakhir Ramadhan, Pasien Cembuh Covid-19 Sumbar Bertambah 18 Orang
- Advertisement -
- Advertisement -