Silaturrahmi dan Rapat Dinas, Bidang PAPKIS Kemenag Sumbar Bahas Sejumlah Program

SuhaNews – Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Papkis menggelar kegiatan Silaturrahmi dan Rapat Dinas Jajaran Bidang Papkis Kanwil Kemenag Sumbar di Aula AB I Kanwil Kemenag Sumbar, Selasa (08/10/24).

Pada kesempatan ini masing masing ketua tim, menyampaikan paparan sesuai tupoksi masing masing. Baik yang telah berjalan maupun yang akan dilaksanakan hingga akhir tahun ini. dinas dinas dinas

Dimulai Ketua Tim Paud Dikdas H Syahrizal dan PAI Menengah Muslimah terkait 7 peta jalan Pendidikan Agama Islam diantaranya Peningkatan kompetensi dan Kualifikasi guru dan pengawas PAI, Peningkatan karir dan kesejahteraan guru dan pengawas PAI, moderasi beragama, kurikulum PAI, School religius culture, satu data untuk siswa (SIAGA) dan pengawas regulasi, Recording PAI.

Silaturrahmi dan Rapat Dinas, Bidang PAPKIS Kemenag Sumbar Bahas Sejumlah Program 1

Selain itu, Katim Pendidikan Diniyah Takmiliyah dan Al-Qur’an H Indra Gunawan menyinggung terkait persiapan Porsadin Nasional 2024 yang menjadi tanggung jawab FKDT. H indra juga menyinggung terkait aplikasi SIPDAR untuk proses pendaftaran izin operasional LPQ serta SITREN untuk lembaga MDT. Termasuk BOP melalui aplikasi SIMBA, Insentif melalui SIKAP.

Sementara itu Katim Pendidikan Diniyah Kesetaraan dan Sisfo Efrian menjelaskan tentang BAP tahun ganjil 2024/2025 sudah dimulai pendataan. Pihaknya meminta para operator untuk tidak lagi mengupdate diakhir waktu. Sehingga tidak ada lagi masalah masalah terkait dana BOS atau bantuan lainnya. Hal itu berlaku untuk Pondok Pesantren, PKPPS, PDF dan SPM dan Ma’had Aly.

Mengingat bantuan apapun yang digulirkan pemerintah pusat acuannya adalah lembaga yang sudah BAP EMISnya. Menurut Efrian kendati Cut off nya diestimasi bulan November atau Desember mendatang, pihaknya mewanti wanti operator, melakukan penginputan data diawal waktu.

Sedangkan Yohanis selaku Katim PD Pontren dan Ma’had Aly menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kegiatan hari santri tanggal 22 Oktober 2024 ini. Dikatakannya sesuai arahan Kakanwil, Puncak hari santri di Sumbar akan di pusatkan di MTI Batang Kabuang binaan Prof Duski Samad. Dimana untuk bentuk pelaksanaan upacara atau apel masih bersifat menunggu sesuai instruksi Kemenag pusat.

BACA JUGA  Kritisi Putusan MK, Sultan: Kinerja Menteri Terganggu Jika Ikut Kontestasi Pilpres

Silaturrahmi dan Rapat Dinas, Bidang PAPKIS Kemenag Sumbar Bahas Sejumlah Program 2

Sementara untuk rangkaian acaranya akan dimeriahkan dengan gelaran kemandirian pesantren expo 2024, bekerja sama dengan 3 PTKIN di Sumbar dalam rentang waktu 15-30 Oktober 2024. Dimana untuk pelaksanaan EXPO itu sendiri selama empat hari.

Hadir Kasi Pendis, Kasi PAI, Kasi PAIS, Kasi Kasi PD Pontren, Kasi Pakis se-Sumatera Barat dan tiga orang Perwakilan dari pihak UIN Imam Bonjol Padang. (*)

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -