Bank Sampah Ka Saro Nagari Tanjung Balik Terima Kunjungan TP PKK Pesisir Selatan

Tanjung Balik – Suhanews, Terpilihnya Tanjung Balik sebagai nagari Pilot Project Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Menuju PHBS, salah satu indikator yang harus dicapai adalah bagaimana nagari bisa mengubah prilaku masyarakat terkait dengan sampah.

Di bawah bimbingan Universitas Negeri Padang, di nagari Tanjung Balik telah berdiri bank sampah pada Juli 2022, dengan nama bank sampah Ka Saro. Bank sampah yang baru berdiri 3 bulan ini, ternyata sudah bisa menarik perhatian dari TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga para pengurus turun ke lokasi untuk melihat secara langsung bank sampah Ka Saro, Rabu (19/11).

Ketua bidang pokja IV Kabupaten Pesisir Selatan,Ny.Lidia Devianti mengatakan, adalah sesuatu yang luar biasa di nagari yang jauh dari pusat ibukota kabupaten ini, bisa memberdayakan masyarakatnya, terutama masalah sampah yang berasal dari Rumah Tangga ini, bisa menjadi sesuatu yang bermamfaat, padahal selama ini dianggap sebagai sesuatu yang tidak ada gunanya.

Ketua bidang pokja IV Kabupaten Solok yang ikut mendampingi kegiatan kunjungan ini, Ny.Tezi Maidison, memberikan apresisasi bagi bank sampah Ka saro nagari Tanjung Balik.

Kegiatan bank sampah ini adalah kegiatan nyata yang bisa membantu masyarakat dari segi material, dan tentu juga ikut membantu program nagari dan juga program pemerintah, khususnya kabupaten Solok, ujar istri sekda kabupaten Solok ini.

Berdirinya bank sampah di nagari Tanjung Balik, mengajak semua lapisan masyarakat di nagari, mulai dari rumah tangga, sekolah dan masyarakat, agar bisa mengubah prilaku yang awalnya semua sampah-sampah dari rumah tangga dibuang atau dibakar, sekarang saatnya sampah-sampah itu bisa mereka jadikan tabungan, sehingga bank sampah Ka Saro bisa menjadikan sampah yang selama ini dibuang menjadi uang, ujar Haryenti Direktur Bank Sampah Ka Saro saat menerima kunjungan di sekretariatnya.Yen

BACA JUGA  PKK Nagari Tanjung Balik Tutup Tahun Dengan Penilaian Kebun Kelompok

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -